Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta telah menyiapkan sebanyak enam titik Pos Pengamanan (Pospam), Pos Pelayanan (Posyan), dan Pos Terpadu dalam pengamanan Perayaan Natal dan malam Tahun Baru 2023 di kota tersebut mulai tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Kami sudah mendirikan enam pospam, Posyan, dan Pos Terpadu yang terdiri dari empat Pospam, satu Posyan dan satu lainnya Pos Terpadu dan akan ditempatkan beberapa personel di titik itu, gabungan dengan TNI dan beberapa instansi Pemkot Surakarta," kata Wakil Kepala Polresta Surakarta AKBP Gatot Yulianto usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2022, di Mako Polresta Surakarta, Kamis.
 
Menurut Gatot Yulianto empat Pospam yakni di Tugu Mahkota Karangansem, Faroka Jajar, Jurug Jebres, dan Banyuanyar. Sedangkan, satu Pos Terpadu di Terminal Tirtonadi dan Posyan di Benteng Vestenburg Jalan Jenderal Sudirman.

Gatot menambahkan, Polresta Surakarta bersama Wali Kota  Gibran Rakabuming Raka, Dandim 0735 Letkol Inf Devy Kristiono, Dandinpom 4/IV Surakarta Letkol CPM Ahmad Suraidy dan instansi terkait telah mengecek persiapan Natal di gereja-gereja termasuk prioritas satu hingga tiga. 

Gereja prioritas satu di Solo ada 16 titik, prioritas dua 22 titik dan prioritas tiga ada 205 titik, yang totalnya mencapai 243 gereja.

"Kami telah menyiapkan 1.018 personel untuk menjamin keamanan Perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 seluruh masyarakat di wilayah ini. Kami selalu melaksanakan keamanan baik itu, pengamanan terbuka maupun tertutup, dan patroli dalam skala besar di Kota Surakarta, " kata Gatot.

Menyinggung soal isu ancaman terorisme, kata Gotot, melakukan antisipasi dan jangan sampai terjadi di Kota Surakarta. Untuk itu, pihaknya mengerahkan tim gabungan seluruh personel baik itu dari pasukan penjinak bom maupun Satuan K-9 melaksanakan sterilisasi di setiap gereja yang melaksanakan ibadah.

"Mudah-mudahan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di Surakarta dalam kondisi kondusif, aman, dan nyaman," kata Gatot 

Selain itu, Polresta Surakarta bersamaan dengan liburan sekolah beberapa objek wisata juga dipastikan dijaga oleh beberapa personel dan tidak serta merta hanya melakukan pengamanan di gereja dan kegiatan masyarakat saja. Namun, aparat keamanan juga fokus tempat rekreasi di Kota Solo.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang hadir acara gelar pasukan Operasi Lilin Candi 2022 mengatakan Pemkot Surakarta pendukung aparat keamanan dan tidak membatasi masyarakat silahkan beraktivitas seperti biasa saja.

"Masyarakat sambut malam Tahun Baru 2023, jangan membunyikan petasan dan jangan yang aneh-aneh. Pengamanan siap dukung seperti yang dipaparkan oleh Waka Polresta Surakarta," kata Gibran menegaskan.

Sementara itu, ratusan personel usai melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2022 di Mako Polresta Surakarta kemudian berkeliling Kota Solo.

 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024