S (ANTARA) - Pemerintah Kota Tegal  berhasil mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) dengan kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) 96,87 persen dari total jumlah penduduk dan tercatat pada peringkat empat besar capaian UHC se-Jawa Tengah.

Pemkot bersama 10 daerah lain yang memiliki capaian UHC di atas 95 persen menerima penghargaan yang diserahkan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Komplek Gubernuran Jawa Tengah, Semarang, Selasa (20/12/2022).

Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriyono menerima penghargaan bersama Wali Kota Surakarta, Wali Kota Semarang, Bupati Purbalingga, Bupati Brebes, Wali Kota Salatiga, Bupati Klaten, Bupati Kudus, Bupati Rembang, Bupati Banjarnegara, dan Wali Kota Magelang.

Baca juga: Pemkot Tegal raih juara 3 pemenang buku laporan PDSD Terbaik

Baca juga: Tegal sukses gelar City Walk Fashion Show On The Street

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen menyampaikan harapannya daerah-daerah yang saat ini capaiannya belum 95 persen agar dapat segera menyusul 11 daerah yang saat ini target capaian UHC-nya sudah melebihi 95 persen.

Sementara Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti menyampaikan bahwa terkait dengan capaian UHC Jawa Tengah, sudah ada 11 kabupaten/kota yang capaian UHC nya melebihi 95 persen dan untuk Provinsi Jawa Tengah sendiri rata-rata capaian UHC-nya  87,67 persen. Ia berharap seluruh wilayah di Provinsi Jawa Tengah dapat mencapai mencapai UHC 95 persen. “

"Setelah 11 daerah mencapai lebih dari 95 persen, kami mendorong 24 daerah lainnya juga dapat mencapai UHC di atas 95 persen,” kata Ali Ghufron.

Baca juga: Pemkot Tegal raih penghargaan KIP Award 2022 dengan predikat informatif

Ali Gufhron mengapresiasi beberapa daerah yang melakukan terobosan-terobosan terkait pendanaan kepesertaan BPJS Kesehatan.

“Saya mengpresiasi daerah-daerah yang melakukan terobosan, dengan melakukan sharing dari mereka yang mampu, bisa melalui CSR dan iuran bantuan dari ASN," jelas Direktur Utama BPJS Kesehatan tersebut.

Baca juga: Pemkot Tegal pastikan rekruitmen PPPK dijamin bersih dan transparan

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024