Banyumas (ANTARA) - Komando Resor Militer (Korem) 071/Wijayakusuma menyiapkan personel untuk membantu pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah eks Keresidenan Banyumas dan Pekalongan, Jawa Tengah.

"Kami sudah mendapatkan perintah dari pimpinan untuk membantu pemerintah daerah dan Polri dalam melaksanakan pengamanan kegiatan Natal dan Tahun Baru," kata Komandan Korem 071/Wijayakusuma Kolonel Infanteri Yudha Airlangga di Markas Korem 071/Wijayakusuma, Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Menurut dia, pihaknya menyusun perencanaan dan melakukan berbagai persiapan termasuk melaksanakan apel gabungan yang melibatkan TNI, Polri, dan pemda untuk mengecek kesiapan personel maupun material guna mendukung pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Selain itu, kata dia, sebagian besar dari sembilan komando distrik militer (kodim) yang berada di bawah Korem 071/Wijayakusuma telah menggelar apel gelar pasukan untuk melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Dalam hal ini, pihaknya turut membantu pengamanan rute atau jalur mudik pantai selatan Jateng mulai dari Cilacap yang berbatasan dengan Jawa Barat hingga Pantai Ayah di Kabupaten Kebumen.

"Khusus untuk jalur utara mulai dari Brebes yang berbatasan dengan Cirebon (Jabar) sampai dengan Kabupaten Batang," jelasnya.

Danrem mengatakan di jalur utara terdapat pintu keluar tol di Brebes Timur yang dikenal dengan sebutan Brexit, sehingga dilakukan antisipasi dengan pembentukan posko dan penyiapan jalur-jalur alternatif seandainya terjadi kemacetan termasuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Menurut dia, beberapa kodim dan komando rayon militer (koramil) yang berada di jalur mudik juga disiapkan sebagai rest area bagi warga yang ingin beristirahat dalam perjalanan mudiknya.

"Sesuai petunjuk Bapak Panglima TNI dan Bapak Kasad, kami diminta untuk membantu rakyat dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru," tegasnya.

Selain membantu pengamanan jalur, kata dia, pihaknya juga melaksanakan pengamanan terhadap sejumlah objek vital strategis yang ada di wilayah selatan maupun utara Jateng seperti Kilang Pertamina di Cilacap dan Kawasan Industri Terpadu Batang.

Menurut dia, pihaknya juga membantu pengamanan di berbagai perusahaan milik pemerintah atau badan usaha milik negara (BUMN) lainnya dalam rangka menjaga stabilitas.

"Kemudian yang paling penting, pelaksanaan kegiatan agama di gereja-gereja, kami melaksanakan komunikasi dengan tokoh-tokoh agama, kemudian tokoh masyarakat untuk menjamin pelaksanaan Natal 2022 ini dapat berjalan dengan lancar," kata Danrem.

 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024