Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz meminta penderita HIV-AIDS disiplin dalam pengobatan guna menjaga kondisi fisik tetap sehat.

"Kalau sudah kena HIV/AIDS diobati dengan rutin, disiplin, jaga kondisi fisik dengan olahraga," katanya dalam rilis Bagian Prokompim Pemkot Magelang diterima di Magelang, Selasa.

Ia mengatakan hal itu dalam peringatan Hari AIDS Sedunia dan Hari Ibu Ke-94 tingkat Kota Magelang di alun-alun setempat pada Minggu (11/12), antara lain ditandai dengan senam bersama, peragaan busana, lomba senam kreasi, lomba yel-yel, dan gelaran UMKM. 

Hadir pada kesempatan itu, antara lain kalangan ibu, pelajar, dan masyarakat, para pejabat pemkot, unsur forkopimda, camat, lurah, dan kepala BUMD.

Ia menyatakan pentingnya masyarakat melakukan pencegahan dari infeksi HIV/AIDS.

"Jangan pakai drugs (narkoba), jangan seks bebas, jangan pakai jarum suntik yang tidak steril," ujarnya.

Sekretaris Komisi Penanggulanagan AIDS (KPA) Kota Magelang Surasmono mengatakan kegiatan ini upaya sosialisasi pencegahan HIV/AIDS di masyarakat. 

Dia mengapresiasi Pemkot Magelang dan forkopimda yang peduli dan berkomitmen untuk menanggulangi HIV/AIDS.

Ia menilai masyarakat semakin memiliki kesadaran kuat tentang pentingnya pencegahan HIV/AIDS.

"Masyarakat sudah sadar, lewat RT/RW antusias setiap ada kegiatan sosialisasi. Tadi ada penandatangan komitmen bersama, pemkot dan forkopimda, siap menanggulangi HIV/AIDS dari tingkat bawah," katanya.

Di Kota Magelang sejak 2004 sekitar 200 orang terinfeksi HIV/AIDS, sedangkan KPA setempat terus melakukan sosialisai agar masyarakat sadar akan bahaya virus tersebut sehingga tidak semakin menyebar.

Ketua TP PKK Kota Magelang Niken Ichtiaty Nur Aziz memberikan motivasi kepada para penderita HIV/AIDS supaya tetap semangat menjalani hidup karena meski terinfeksi masih tetap bisa berkarya.

"Teman-teman penderita HIV/AIDS jangan patah semangat, kalian masih bisa berkarya menjadi orang bermanfaat bagi orang lain," katanya.

Pemenang lomba senam kreasi, yaitu Juara 1 RW06 Kelurahan Potrobangsan, Juara 2 RW08 Kelurahan Rejowinangun Utara, Juara 3 RW11 Kelurahan Kramat Selatan. Juara 1, 2, 3 lomba yel-yel berturut-turut Kelurahan Gelangan, Kelurahan Kedungsari, dan Kelurahan Kemirirejo.

 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024