Semarang (ANTARA) - Ikatan alumni (IKAL) Lemhanas menyatakan siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2024 dan mengajak seluruh pihak belajar dari Pemilu 2019 agar lebih baik dan tidak terulang terjadinya polarisasi, bentrokan horisontal antarpendukung calon presiden, dan tidak adanya keberpihakan penyelenggara pemilu pada salah satu calon.

Hal itu disampaikan Ketua Umum DPP Lemhanas Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar di sela-sela Musyawarah Daerah (Musda) I dengan tema IKAL-Lemhanas sebagai katalisator dengan memantapkan sinergitas membangun bangsa dan negara, di sebuah hotel di Semarang, Sabtu, 29 Oktober 2022.

"Jika tidak mau belajar dari Pemilu 2019 bisa mengkhawatirkan. Diperlukan edukasi pada tiga unsur yang berperan penting dalam pemilu yakni partai politik karena dia yang melakukan kaderisasi dan rekrutmen. Kedua KPU sebagai penyelenggara pemilu harapannya bisa lebih profesional dan ketiga rakyat sebagai pemilih harus lebih dewasa," kata Agum.

Agum mengatakan IKAL Lemhanas merupakan katalisator bagi keutuhan bangsa dan membantu kebijakan yang diambil pemerintah. Keberadaannya yang tidak hanya di tingkat pusat (DPP), tetapi ada juga di 34 provinsi se-Indonesia (DPD) diharapkan bisa berkontribusi maksimal.

"Dimana pun IKAL Lemhanas berada, jadilah ujung tombak yang merajut kembali persatuan. Harus jadi garda terdepan dalam mengawal bangsa ini menuju tujuan dan cita-cita nasional. IKAL harus berwatak pejuang dan peduli," kata Agum. 

Musda I diisi tiga agenda yakni penyampaian laporan pertanggungjawaban Pengurus IKAL Lemhannas Jateng periode 2017-2022, menyusun program kerja, dan ketiga melaksanakan pemilihan kepengurusan DPD IKAL Lemhannas Jateng Periode 2022-2027.

Sri Puryono Karto Sodarmo dalam kesempatan itu terpilih sebagai Ketua Ikatan Alumni (IKAL) Lemhannas Jawa Tengah Periode 2022-2027 secara aklamasi dan merupakan kepemimpinan kedua pada posisi yang sama.

Sri Puryono menyampaikan dengan terpilihnya kembali memimpin Ikal Lemhannas Jawa Tengah, maka akan segera melaksanakan apa yang menjadi arahan Ketua Umum Ikal Lemhannas, Jenderal TNI Purn Agum Gumelar dalam memberikan sumbang pikiran dalam mengawal program pemerintah.

Sri Puryono mengatakan DPD IKAL Lemhanas Jateng akan membentuk gugus tugas untuk membantu pemerintah daerah dalam mengambil kebijakan-kebijakan strategis di antaranya yang berkaitan dengan pangan, energi, dan air.

"Kami akan melakukan analisis kebijakan dan memberikan masukan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," kata Sri Puryono yang juga mengapresiasi Pemprov Jateng terkait penanganan COVID-19.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024