Purwokerto (ANTARA) - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Mochamad Fajar Ardi Pradana meraih juara 3 dalam kejuaraan bulu tangkis tingkat nasional "Undiksha Badminton Open" kategori tunggal putra.

Kejuaraan yang digelar Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Gedung Auditorium Undiksha, Singaraja, Bali, 6-10 Oktober 2022, diikuti ratusan atlet dari berbagai klub bulu tangkis di Indonesia.

Fajar yang merupakan mahasiswa Program Studi Hukum Ekonomi Syariah S1 itu bersaing dengan 434 atlet yang tampil di kejuaraan tersebut.

Dalam keterangannya, Fajar mengaku memperoleh informasi kejuaraan tersebut dari salah seorang rekannya, sehingga ia mencoba mendaftarkan diri untuk dua kategori, yakni tunggal putra dan ganda.

"Dari dua kategori yang saya ikuti, hanya kategori tunggal putra yang berhasil naik ke podium sebagai juara 3. Sedangkan kategori ganda hanya berhasil mencapai babak 8 besar mengingat kompetitor lain juga sangat bagus dalam melakukan permainan," katanya.

Baca juga: Dosen UMP paparkan pentingnya kerja sama internasional bagi perguruan tinggi

Fajar mengaku saat memasuki babak 16 besar, ia harus berhadapan dengan teman seperjuangan di Djarum dan berhasil melanjutkan ke babak 8 besar, hingga akhirnya masuk semifinal dengan skor 17-21 dan 16-21.

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan segala hambatan yang ada, mulai dari stamina hingga persiapan yang belum cukup optimal, membuat belajar banyak hal di antaranya belajar rasa syukur, mengingat masih diberikan kesempatan untuk memberikan kebanggaan bagi diri sendiri dan UMP dalam ajang "Undiksha Badminton Open". 

"Saya belajar untuk menumbuhkan rasa rendah hati di setiap perlombaan yang saya ikuti dan berusaha untuk tidak mudah puas dengan capaian yang sudah didapatkan sebelumnya dengan berusaha memberikan yang terbaik di setiap event selanjutnya," ungkapnya.

Ia pun menyampaikan banyak terima kasih kepada pengurus dan staf UMP yang telah mendukung dan membantunya dalam kegiatan tersebut. 

"Semoga ke depannya bisa mewakili UMP dalam event-event olahraga lainnya dan memberikan kebanggaan bagi UMP," kata Fajar. (qbi/tg)

Baca juga: Wakil Rektor: Dosen UMP harus bisa jadi teman bagi mahasiswa
Baca juga: Peneliti dari UMP ubah hama ulat jadi bahan bernilai ekonomi tinggi

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024