Purwokerto (ANTARA) - Dosen Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Condro Nur Alim PhD memaparkan pentingnya kerja sama internasional dalam pengembangan perguruan tinggi.

Dalam keterangannya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (11/10), Condro mengatakan hal itu dia sampaikan saat menjadi narasumber pada acara Sarasehan Forum Pengelola Kerjasama Perguruan Tinggi Jawa Tengah bertajuk "Pengelolaan Kerja Sama Internasional"

Sarasehan yang diikuti oleh perwakilan bidang kerja sama dari seluruh perguruan tinggi se-Jawa Tengah itu digelar oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VI (LLDIKTI) bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Hotel Harris, Solo. 

Acara tersebut juga dihadiri langsung oleh Ketua LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Bhimo Widyo Andoko SH MH dan Rektor UMS Prof Dr Sofyan Anif MSi.

Baca juga: Wakil Rektor: Dosen UMP harus bisa jadi teman bagi mahasiswa
 
"Internasionalisasi harus mulai dipikirkan dan digarap secara serius oleh perguruan tinggi di Jawa Tengah karena internasionalisasi mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis untuk meningkatkan kualitas suatu perguruan tinggi," kata Condro.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga memaparkan strategi pengelolaan kerja sama internasional untuk berbagai kegiatan seperti visiting professor, summer course, students exchange, dan sebagainya kepada para peserta. 

Menurut dia, tujuan dari penyelenggaraan sarasehan tersebut adalah untuk memperkuat aliansi perguruan tinggi di Jawa Tengah untuk mendorong peningkatan kualitas dan relevansi lulusan dalam rangka meningkatkan kualitas pelaksanaan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). (con/tgr)

Baca juga: Peneliti dari UMP ubah hama ulat jadi bahan bernilai ekonomi tinggi
Baca juga: 106 lulusan Teknik Laboratorium Medik UMP ikuti sumpah profesi

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024