Semarang (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah A Yuspahruddin didampingi Kadiv Pemasyarakatan Supriyanto dan Kabag Program & Humas Budhiarso Widhyarsono bersilaturahmi ke Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) membahas kemungkinan kerja sama, Senin.

Selain silaturahmi dan mempererat hubungan yang telah terjalin, Kakanwil juga mengharapkan adanya kerja sama antarkedua belah pihak, karena perlu mendapatkan dukungan dari perguruan tinggi salah satunya supaya banyak mahasiswa mendaftarkan karya miliknya ke kekayaan intelektual.

"Kami tidak bisa sendiri melaksanakan tugas kami. Kami harus bekerja sama dan sengaja datang untuk melanjutkan silaturahmi yang telah terjalin. Pertama ada pekerjaan kami yang bisa dibantu oleh perguruan tinggi, contoh Kekayaan Intelektual. Kami perlu dukungan dari perguruan tinggi. Mahasiswa-mahasiswa juga mendaftarkan Kekayaan Intelektual milik mereka," katanya.

Baca juga: Yuspahruddin ingatkan ASN bijak dalam bermedia sosial

Kakanwil juga menawarkan pihak Udinus jika akan mengadakan pengabdian masyarakat, pihak Kemenkumham Jateng siap memberikan ruang untuk pelaksanaan kegiatan tersebut.

Ia mencontohkan jika Udinus ada pengabdian masyarakat, Kemenkumham Jateng bisa menjadi ada area untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Niat baik Kakanwil direspon positif Rektor Udinus Edi Noersasongko dan mengakui pihaknya sudah memiliki banyak HKI yang dihasilkan dari aplikasi gamelan buatan Udinus. Pihaknya saat ini sedang konsen mengembangkan robot, yang nanti bisa didaftarkan ke dalam paten.

Baca juga: Pelempar paket di Rutan Banyumas berhasil ditangkap

Di sela-sela perbincangan tersebut Rektor Udinus secara pribadi menyampaikan kepuasan atas pelayanan keimigrasian yang didapatnya saat mengurus paspor dengan memberikan acungan dua jempol. Ia berharap dengan pertemuan tersebut dapat memberikan manfaat yang baik bagi kedua pihak. 

"Semoga ini mempererat hubungan kita, matur nuwun rawuhnya,” ujar Prof. Edi.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Supriadi Rustad, Wakil Rektor IV Bidang Penelitian dan Kerjasama Pulung Nurtantio Andono, dan Dekan Fakultas Komputer Abdul Syukur.

Baca juga: Kemenkumham Jateng bersinergi dengan PT Agama Yogyakarta

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024