Purwokerto (ANTARA) - Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Hercules Pungky berhasil meraih juara tiga di ajang desain Peta Internasional bertajuk The 2022 Mappy Challenge yang diselenggarakan oleh Spatialnode. 

Ia berhasil menyisihkan sejumlah pesaing tingkat dunia seperti dari Eropa, Jepang, dan Amerika Selatan. 

Kepala Prodi Pendidikan Geografi FKIP UMP Dr. Anang Widhi Nirwansyah, M.Sc. mengatakan Spatialnode merupakan komunitas internasional yang bergerak di bidang proyek geospasial. Di sana juga penyedia tenaga ahli geospasial di berbagai negara.

"Dengan mengetengahkan model Coastal Vulnerability Index (CVI) wilayah Cirebon, Hercules yang saat ini tengah menyiapkan penelitian skripsi di bidang kebencanaan, menampilkan peta kerentanan wilayah pesisir dengan analisis multikriteria," katanya di Purwokerto, Selasa (20/9). 

Baca juga: Empat mahasiswa PGSD UMP jadi penyaji di konferensi internasional

Menurut dia, seluruh proses dikerjakan dengan menggunakan teknologi Sistem Informasi Geografi (SIG) yang merupakan salah satu kelompok mata kuliah yang diajarkan di Prodi Pendidikan Geografi dan menjadi keunggulan Prodi Geografi UMP. 

Sementara itu, Hercules mengaku bangga, senang, sekaligus terkejut saat Spatialnode mengirimkan surat elektronik untuk kemenangannya.
 
“Proyek ini merupakan pengembangan dari salah satu mata kuliah SIG yang saya ambil untuk mendukung pengembangan kompetensi sebagai calon guru Geografi dan ahli geografi,” jelasnya. 

Menurut dia, prestasi yang diraih juga menjadi pelecut semangat untuk dirinya dan mahasiswa lain untuk terus belajar. 

"Mudah-mudahan ini bisa jadi untuk mengembangkan kemampuan pengolahan data geospasial di bidang kebencanaan yang saat ini banyak diperlukan di berbagai bidang," kata Hercules.(ana/tgr)

Baca juga: Mahasiswa UMP jadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional Tahun 2022
Baca juga: Mahasiswa Farmasi UMP bikin jamu oles dari daun kersen

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024