Solo (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Surakarta secara resmi telah membuka rekrutmen pengawas pemilu kecamatan persiapan Pemilu 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Pada tahapan rekrutmen lembaga penyelenggara ad hoc tersebut, kata Ketua Bawaslu Kota Surakarta Budi Wahyono di Solo, Kamis, secara terbuka untuk lima kecamatan di Surakarta.

Tahapan perekrutan tersebut diawali dengan adanya sosialisasi mulai 10 hingga 21 September 2022 yang dilanjutkan dengan pengumuman pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan mulai 15 hingga 21 September 2022. Pelaksanaan pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran panwaslu kecamatan mulai 21 hingga 27 September 2022.

Budi Wahyono menjelaskan bahwa pada setiap kecamatan akan terdapat tiga panwaslu kecamatan. Proses rekrutmen secara profesional dan terbuka oleh Bawaslu Kota Surakarta.

Bagi warga Kota Surakarta yang berminat dan peduli hasil Pemilu 2024 yang berintegritas, dia mempersilakan mendaftarkan diri dengan syarat dan ketentuan yang sudah tertera di pengumuman pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan.

"Untuk rekrutmen ini, sama sekali tidak dipungut biaya atau gratis. Jadi, pendaftar jangan percaya terhadap siapa pun oknum yang mengklaim bisa meluluskan menjadi panwaslu kecamatan," katanya.

Baca juga: Antisipasi pelanggaran pada tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Banyumas gelar rapat koordinasi

Selain itu, pihaknya juga mempermudah bagi pendaftar untuk mendapatkan berkas kelengkapan yakni dengan menyediakan formulir, baik secara online maupun offline, di Kantor Bawaslu Kota Surakarta.

Berkas secara online disediakan di website surakarta.bawaslu.go.id tinggal klik dan unduh untuk melakukan download berkas yang dibutuhkan.

Menyinggung soal persyaratan, kata dia, bahwa untuk menjadi panwaslu kecamatan harus berusia minimal 25 tahun, lulus SMA atau sederajat, tidak menjadi anggota partai politik atau tim kampanye hingga tidak pernah dipidana dengan ancaman hukuman 5 tahun atau lebih.

Bagi pendaftar yang dinyatakan lengkap berkasnya akan dilakukan seleksi secara tertulis pada rentang tanggal 14-16 Oktober 2022, yakni seleksi dengan computer base.

Selain seleksi tertulis, kata dia, akan ada tes wawancara pada rentang tanggal 18-22 Oktober mendatang. Panwaslu kecamatan akan mulai bertugas untuk mengawasi tahapan Pemilu 2024 mulai akhir Oktober mendatang.

Baca juga: Pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan se-Jateng mulai 15 - 21 September 2022
Baca juga: Hindari pencatutan nama oleh parpol, Bawaslu imbau warga Kudus cek di Sipol

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024