Cilacap (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap menyalurkan bantuan berupa perangkat komputer lengkap dengan mesin pencetak untuk Pemerintah Desa Hanum, Kabupaten Cilacap, yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. 

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Officer CSR PT KPI RU IV Aditya Anung Dwi Nugroho kepada perwakilan pemerintah desa setempat usai dilakukan upacara penutupan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II di Lapangan Gelora Karya Bhakti, Desa Hanum, Kecamatan Dayeuhluhur, Kabupaten Cilacap, Jateng, Rabu (24/8).

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU IV Cilacap Cecep Supriyatna mengatakan selain sebagai dukungan pada kegiatan TMMD, bantuan tersebut juga sebagai sarana membantu meningkatkan pelayanan masyarakat di Desa Hanum. 

"Komitmen kami berkontribusi pada pembangunan yang muaranya adalah kesejahteraan masyarakat, salah satunya melalui TMMD yang menyasar desa-desa yang jauh dari pusat pemerintah," ujarnya.

Ia mengharapkan bantuan tersebut benar-benar dimanfaatkan dengan baik khususnya oleh Pemerintah Desa Hanum. 

"Perangkat komputer menjadi kebutuhan utama di era teknologi informasi saat ini. Bantuan ini menurut kami sangat tepat untuk menunjang pelayanan di desa," kata Cecep.

Baca juga: 46 Tahun Kilang RU IV Cilacap, jejak keandalan kilang terbesar di Indonesia

Sementara itu, Kepala Desa Hanum Riswadianto menyambut antusias penyaluran bantuan dari PT KPI RU IV Cilacap dalam kegiatan TMMD tersebut. 

"Luar biasa, meskipun jaraknya sangat jauh tapi PT KPI RU IV berkenan hadir ke sini dan memberikan bantuan perangkat komputer ini. Kami sungguh berterima kasih atas perhatian ini," katanya.

Upacara penutupan dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap Mayor (Inf) Saeroji sebagai pembina upacara dengan dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, anggota DPRD Cilacap Yayan Rusyawan, perwakilan Forkopimda, para Kepala OPD, Forkopimcam Dayeuhluhur, serta perwakilan BUMN/BUMD dan swasta.

Program TMMD diselenggarakan selama satu bulan tersebut telah menyelesaikan sejumlah program fisik berupa makadam jalan, pembangunan talut, gorong-gorong, rehab sanitasi umum, dan rehab RTLH. 

Sedangkan kegiatan nonfisik berupa pengobatan gratis, pelatihan kearsipan, pelayanan KB, pembuatan akta kelahiran gratis, penyuluhan ketahanan keluarga antinarkoba, pelatihan kewirausahaan, digital marketing, promosi produk UMKM, dan pelatihan pengolahan industri kecil serta menengah. 

Selain itu juga dilaksanakan sosialisasi gemar makan ikan dan pendampingan kelompok tani ikan, pelayanan perizinan, serta pelatihan elektronik.

Desa Hanum berada di Kecamatan Dayeuhluhur yang merupakan wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dari wilayah Kota Cilacap lokasinya berjarak lebih dari 100 kilometer dengan waktu tempuh lebih dari 3 jam. 

Baca juga: Pekerja Pertamina Cilacap kibarkan Merah Putih di Menara Suar Nusakambangan
Baca juga: Ini acara Malam Tirakatan Kemerdekaan RI di Pertamina Cilacap

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024