Pekalongan (ANTARA) - Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, menggelar lomba menghiasi gapura untuk menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pekalongan Soesilo di Pekalongan, Sabtu, mengatakan dalam lomba gapura HUT Kemerdekaan RI antarkelurahan ini, akan mengusung tema "Pekalongan Rahat".

"Makna dari tema yang diusung yaitu semangat gotong royong dan semangat nasionalisme menyambut HUT RI dengan menyelaraskan nilai-nilai lokal dan kegotongroyongan," katanya.

Soesilo mengatakan surat edaran perihal lomba menghiasi gapura ini sudah disebar di kelurahan dan pendaftaran akan dilakukan mulai 1 Agustus 2022.

Nantinya masing-masing kelurahan, kata dia, bisa mewakilkan satu gapura untuk dilombakan, sehingga pada tanggal tersebut disampaikan deskripsi, narasi, dan lokasinya yang akan dilombakan.

Penilaian lomba menghiasi gapura akan dilakukan pada 14-17 Agustus 2022 dengan pengambilan foto pada waktu tersebut dan pada 17 Agustus 2022 akan diumumkan pemenangnya.

Pemenang pertama lomba menghiasi gapura ini akan mendapat hadiah Rp10 juta, pemenang kedua Rp7 juta, ketiga Rp5 juta, harapan satu Rp3 juta, harapan dua, Rp2,5 juta, dan harapan tiga Rp2 juta.

"Kriteria penilaiannya yaitu semangat gotong royong para warga, keaslian, keunikan dan kreativitas, unsur keindonesiaan,serta lainnya," katanya.

Dia mengajak masyarakat dapat memanfaatkan kegiatan lomba ini dengan menggali ide kreatif membangkitkan gotong royong warga untuk menyambut semangat HUT Kemerdekaan RI.

"Kami berharap lomba gapura berjalan lancar dan dapat memeriahkan HUT RI, melestarikan tradisi dan nilai kedaerahan, membangkitkan gotong royong, persatuan, serta semangat nasionalisme warga Kota Pekalongan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024