Batang (ANTARA) - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah menggandeng PT LG Electronics Indonesia meluncurkan program Kelas Industri untuk mendukung kompetensi siswa yang siap kerja.

Kepala SMK Negeri 1 Warungasem Suyanta di Batang, Selasa, mengatakan melalui Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan disebutkan perlunya sinkronisasi, sinergi dengan dunia usaha, penguatan kompetisi guru, dan sertifikasi bagi siswa.

"Berkaitan dengan itu maka kami terus melakukan komunikasi dengan industri-industri, di antaranya dengan PT LG. Kami bersama LG melakukan kerja sama dalam bidang Kelas Industri," katanya.

Menurut dia, dengan adanya kerja sama dengan PT LG maka perlu kesiapan adanya sinkronisasi seperti ada guru magang, guru tamu, kunjungan dari industri, perekrutan tenaga kerja, dan bantuan peralatan.

"Namun demikian, kerja sama ini tidak hanya tidak berhenti di sini saja melainkan akan berkelanjutan. Maka hal ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih pada PT LG," katanya.

Baca juga: Sekolah vokasi Undip luncurkan koperasi syariah dan jurnal internasional

Direktur Pemasaran dan Hubungan PT LG Elektronik Indonesia Jay Jang mengatakan melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility) pada "LG Loves School", pihaknya terus berkomitmen mendukung pendidikan bagi sekolah SMK Negeri 1 Warungasem.

"Melalui pilar CSR LG yang lebih menitikberatkan pada peningkatan kualitas pendidikan, kami berharap dukungan fasilitas ini dapat memberikan peningkatan kompetensi siswa yang diperlukan saat melangkah ke dunia kerja nantinya," katanya.

Ia mengatakan perusahaan akan memberikan dukungan yang diwujudkannya dalam bentuk dua ruang praktik Kelas Industri dan sejumlah perangkat elektronik sebagai pendukung proses pembelajaran jurusan teknik pendinginan dan tata udara di SMK Negeri 1 Warungasem.

Untuk perangkat penyejuk ruangan terbagi menjadi dua bagian, yaitu arus listrik AC (alternating current) dan AC bagi bangunan komersial.

Selain itu, kata dia, PT LG juga memberikan freezer, kulkas satu pintu, kulkas dua pintu, serta kulkas premiumnya kategori "side by side".

"Keseluruhannya merupakan jajaran seri produk terbaru LG yang tentunya mewakili perkembangan terkini perangkat elektronik yang berhubungan dengan pendinginan dan tata udara," katanya.

Dia mengatakan sebelumnya, LG Loves School lebih memfokuskan pada dukungan perangkat multimedia bagi peningkatan laboratorium komputer sekolah.

"Upaya perluasan inisiatif sosial perusahaan ini sebagai komitmen kami untuk mendukung dan bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan kompetensi tenaga kerja Indonesia," kata Jay Jang.

Baca juga: Kementerian Pendidikan dorong sekolah optimalkan "teaching factory"
Baca juga: Mesin bubut buatan SMK St. Mikael masuki pasar komersial
Baca juga: Sukirman minta Pemprov Jateng perhatikan sarana prasarana SMK swasta

Pewarta : Kutnadi
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024