Banjarnegara (ANTARA) - Warga Desa Karangtengah, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mengharapkan tahapan pekerjaan uji alir sumur produksi pada proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Dieng 2 yang dikelola PT Geo Dipa Energi (Persero) atau GeoDipa berjalan lancar.

"Kami berharap tahapan pekerjaan uji alir pada sumur SLR-Q-31A di lokasi proyek PLTP Dieng 2 berjalan dengan lancar tanpa ada kendala suatu apa pun," kata Kepala Desa Karangtengah Mukhodin dalam keterangan di Banjarnegara, Selasa.

Terkait dengan hal itu, dia mengatakan pihaknya kembali menggelar acara yang bertajuk "Doa Bersama Proyek PLTP Dieng 2" pada hari Minggu (19/6) di Kantor Lapangan Proyek PLTP Dieng 2, Desa Karangtengah, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Menurut dia, doa bersama tersebut tidak hanya melibatkan masyarakat dan Perangkat Desa Karangtengah, juga dihadiri tokoh masyarakat, insan GeoDipa, dan mitra kerja GeoDipa.

"Terima kasih kepada GeoDipa yang selalu melibatkan kami dalam setiap kegiatan termasuk doa bersama yang sudah kesekian kalinya. Semoga pekerjaan 'well testing' (uji alir sumur produksi, red.) berjalan lancar berkat doa-doa kami semua, dan untuk kita masyarakat diberi kemudahan kelancaran serta keselamatan," kata Mukhodin.

Sementara itu, HSE and Safeguard Superintendent GeoDipa Sigit Dwi Pamungkas mengharapkan kegiatan doa bersama yang ditujukan untuk mendapat kemudahan dan kelancaran dalam setiap aktivitas tersebut juga menjadi ajang untuk menjalin silaturahmi antara masyarakat Karangtengah dan GeoDipa.

"Setelah melalui berbagai macam prosedur, alhamdulillah kami sudah diberikan lampu hijau oleh regulator maupun lender untuk melaksanakan uji alir sumur produksi, estimasi pelaksanaan akan dilakukan pada hari Selasa (21/6) pagi," katanya.

Menurut dia, GeoDipa telah melakukan upaya persiapan pekerjaan uji alir sumur dengan maksimal baik secara teknis maupun nonteknis.

Selain itu, kata dia, keterlibatan desa melalui Tim Siaga Pawuhan sebagai Emergency Response yang juga turut mendukung jalannya kegiatan.

Dalam estimasi, GeoDipa merencanakan tahapan pekerjaan uji alir pada sumur SLR-Q-31A yang terletak di Dusun Pawuhan, Desa Karangtengah, pada minggu ketiga bulan Juni 2022.

Pekerjaan tersebut dilakukan sebagai proses pengukuran parameter fisik dan kimia guna mengetahui kapasitas dan/atau potensi dari masing-masing sumur panas bumi setelah dilakukan pemboran.

"Dengan demikian, kami berharap melalui doa bersama tersebut, ikhtiar yang telah dilakukan dapat menjadi berkah dan diberikan kelancaran dalam setiap tahapan pekerjaan," kata Sigit menegaskan. ***1***


 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Teguh Imam Wibowo
Copyright © ANTARA 2024