Magelang (ANTARA) - Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz mengapresiasi semangat gotong royong warga dalam perbaikan rumah tetangga mereka di Kampung Karangwuni, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara yang terbakar.

"Kita selalu mendorong agar warga bergotong royong, segera membangun rumah ini lagi agar bisa ditempati lagi. Untuk dana dibantu Baznas dan PMI. Dinas Sosial (Dinsos) membantu logistik," katanya dalam keterangan tertulis Bagian Prokompim Pemkot Magelang di Magelang, Sabtu.

Kebakaran rumah milik Supriyadi, warga RT05/RW07, Kampung Karangwuni, Kelurahan Kramat Utara, Kecamatan Magelang Utara, terjadi pada Rabu (8/6), sekitar pukul 13.30 WIB. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang diduga karena korsleting listrik dan mengakibatkan seluruh isi rumah terbakar itu. Saat kejadian, pemilik rumah sedang pergi berobat ke rumah sakit, sedangkan perkiraan kerugian Rp150 juta.

Dengan didampingi sejumlah pejabat pemkot setempat, pada Kamis (9/6), Wali Kota Aziz mengunjungi korban untuk menyampaikan simpati dan memberi motivasi kepada Supriyadi agar tabah menghadapi musibah tersebut.

Ia mengatakan warga setempat telah bahu-membahu menangani rumah korban pascakebakaran.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Magelang Machbub Yani Arfian mengatakan bantuan dari sejumlah pihak, seperti BPBD, Baznas, PMI, dan Dinas Sosial, disalurkan kepada korban, guna mendukung pemulihan pascamusibah.

"Untuk rehab dari Baznas dan PMI. Untuk pengelolaannya melibatkan masyarakat. Pemkot memberikan stimulan, selanjutnya pemberdayaan masyarakat," katanya.

Pihaknya juga melaksanakan asesmen dan dokumentasi pascakejadian, serta berkoordinasi dengan RSJ Prof Dr. Soerojo Magelang terkait dengan penyembuhan trauma korban karena masih syok akibat musibah tersebut.

 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024