Grobogan, Jateng (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, menghentikan pencarian korban tenggelam di Sungai Tuntang, setelah melakukan pencarian bersama tim gabungan selama tujuh hari belum juga berhasil menemukan korban.

"Peristiwa nahas tersebut, terjadi pada Kamis (19/5) pukul 12.30 WIB," kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Grobogan Endang Sulistyoningsih di Grobogan, Rabu.

Adapun kronologis kejadiannya, kata dia, korban bernama Kasman (65) asal Desa Ngombak, Kecamatan Kedungjati pergi sejak pagi sampai siang belum pulang-pulang ke rumah. Lantas warga berinisiatif untuk mencari korban, namun di tepi sungai warga hanya mendapati tongkat serta pakaian korban saja kemudian muncul dugaan korban tenggelam di sungai.

Baca juga: Warga Banyubiru tewas tenggelam di Rawa Pening

Kemudian warga melaporkan ke perangkat Desa Ngombak, Kecamatan Kedungjati, Grobogan.

Selama pencarian yang dimulai sejak tanggal 19 Mei 2022, BPBD Grobogan juga mendirikan Posko Operasi SAR Gabungan di Balai Desa Ngombak

Pencarian pada Rabu (25/5) ini, kata dia, dimulai pukul 07.00 WIB dengan menerjunkan dua tim dan operasi SAR gabungan. Pencariannya menggunakan satu unit perahu secara bergantian.

Tim pertama melakukan pencarian dari tempat kejadian perkara ke hilir kurang lebih 15 kilometer. Kemudian tim kedua melakukan pencarian dari TKP hingga belasan kilometer menggunakan perahu rafting, namun hingga pukul 14.00 WIB masih nihil.

"Dengan mempertimbangkan batas waktu dan upaya pencarian sampai dengan radius 30 kilometer dari TKP dengan hasil masih nihil, atas kesepakatan dengan pihak keluarga secara resmi operasi SAR gabungan pencarian orang yang diduga tenggelam di Sungai Tuntang dihentikan," katanya.

Jika nantinya diperoleh informasi yang valid operasi SAR dapat dibuka kembali, demikian  Endang Sulistyoningsih.

Baca juga: Mahasiswa Unsoed ditemukan tewas tenggelam di Curug Duwur Purbalingga
 

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : Edhy Susilo
Copyright © ANTARA 2024