Purwokerto (ANTARA) - Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar Pekan Seni Mahasiswa Universitas (Peksimitas) 2022 dalam rangka mendorong mahasiswa kreatif dan inovatif di bidang seni serta membangun soft skill dengan baik.

Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor Unsoed Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H., M.Hum. pada hari Senin (21/3) itu berlangsung selama empat hari di Aula FISIP Unsoed, 21-24 Maret 2022.

Hari pertama kompetisi (21/3) berupa Lomba Tari Garapan Banyumasan dan pemajangan (poster/desain grafis, komik strip, lukis, dan fotografi), selanjutnya pada hari kedua (22/3) berupa Lomba Vokal Dangdut Putra dan Putri serta pemajangan (poster/desain grafis, komik strip, lukis, dan fotografi).

Kompetisi pada hari ketiga (23/3) berupa Lomba Vokal Keroncong Putra dan Putri, Lomba Vokal Pop Putra dan Putri, serta pemajangan (poster/desain grafis, komik strip, Lukis, dan fotografi), sedangkan hari keempat (24/3) berupa Lomba Baca Puisi. 

Sementara untuk penilaian Sastra Puisi, Sastra Cerpen, serta Sastra Monolog dan Lakon dilaksanakan pada tanggal 19-26 Maret 2022, sedangkan untuk Lomba Monolog pada tanggal 17-18 Mei 2022.

Baca juga: Fapet Unsoed jalin kerja sama dengan PT Kokorono Siji Indo

Dalam laporannya, Ketua Panitia Peksimitas 2022 Dr. Dra. Tri Wuryaningsih, M.Si. mengatakan Peksimitas merupakan kegiatan rutin dua tahunan, khususnya pada tahun genap yang diikuti oleh seluruh perguruan tinggi di bawah Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). 

Menurut dia, sebanyak 12 tangkai lomba yang dikompetisikan dalam Peksimitas 2022 dan diikuti oleh 12 fakultas yang ada di Unsoed.

"Vokal Pop Putra diikuti 13 peserta, Vokal Pop Putri 17, Vokal Dangdut Putra 9, Vokal Dangdut Putri 6, Vokal Keroncong Putra 4, Vokal Keroncong Putri 8, Poster 19, Fotografi 24, Komik Strip 11, Lukis 20, Baca Puisi Putra  12, Baca Puisi Putri 12, Penulisan Cerpen 16, Penulisan Lakon 5, Penulisan Puisi 27, Monolog 3 grup, dan Tari 8 grup," katanya.

Dia mengharapkan melalui Peksimitas 2022 tersebut akan mendapatkan delegasi yang terbaik untuk mewakili Unsoed di tingkat Peksimida, dan selanjutnya menuju Peksiminas 2022. 

Saat memberi sambutan, Wakil Rektor Unsoed Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Kuat Puji Prayitno, S.H., M.Hum. menyampaikan bahwa Bidang Kemahasiswaan meliputi penalaran, akademik, minat dan bakat, pembangunan mental spiritual, internasionalisasi, serta jejaring dengan alumni. 

Menurut dia, kaitannya dengan kepeminatan dan bakat di bidang seni maupun olah raga serta bidang yang lain, maka disediakan kompetisi. 

"Ini menjadi ajang untuk bisa menunjukkan prestasi mahasiswa, dan akan menjadi tuntutan Indikator Kinerja Perguruan Tinggi," katanya.

Terkait dengan hal itu, ia mengharapkan mahasiswa Unsoed dapat mengukir prestasi nantinya di tingkat Peksimida dan Peksiminas.

Baca juga: Mahasiswa asal Papua Nugini lulus Magister Ilmu Manajemen Unsoed Purwokerto
Baca juga: Unsoed Purwokerto luluskan 1.333 wisudawan pada Wisuda Maret 2022

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024