Purwokerto (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap menghentikan operasi search and rescue (SAR) seiring dengan telah ditemukan seluruh bocah yang dilaporkan hilang akibat  tenggelam di Sungai Donan, Kelurahan Kutawaru, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Tim SAR gabungan pada pukul 20.50 WIB berhasil menemukan korban ketiga atas nama Dzaqwan Labieb alias Zaki, usia 11 tahun," kata Kepala Basarnas Cilacap I Nyoman Sidakarya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa malam.

Menurut dia, Zaki ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada jarak sekitar 2,5 kilometer dari lokasi kejadian ke arah hilir.

Setelah dievakuasi oleh tim SAR gabungan, kata dia, jenazah Zaki langsung dipulangkan ke rumah duka di Kelurahan Kutawaru, Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap.

"Dengan sudah diketemukannya semua korban maka operasi SAR selanjutnya diusulkan untuk ditutup dan unsur yang terlibat selanjutnya dikembalikan ke satuannya masing-masing," katanya.

Baca juga: Dua dari tiga korban tenggelam di Sungai Donan Cilacap ditemukan tewas

Tiga bocah yang diketahui bernama Dzaqwan Labieb alias Zaki (11), Tommy Hasan (11), dan Syahdan Arofi (11), warga Jalan Nusa Puring RT 04 RW 05, Kelurahan Kutawaru, dilaporkan hilang akibat tenggelam di sekitar Dermaga Jojok, Sungai Donan, Kelurahan Kutawaru, pada Senin (21/2), pukul 16.30 WIB.

Peristiwa tersebut terjadi saat ketiga bocah itu sedang mandi di sekitar Dermaga Jojok bersama satu anak lainnya yang diketahui bernama Rama (9). Akan tetapi tanpa mereka sadari, air Sungai Donan yang terhubung dengan Segara Anakan mengalami pasang dan menenggelamkan mereka.

Satu anak bernama Rama berhasil diselamatkan oleh warga sekitar, sedangkan tiga anak lainnya hilang, sehingga dilakukan pencarian dengan melibatkan tim SAR gabungan yang terdiri atas  personel Basarnas Cilacap, Satuan Polisi Perairan Polres Cilacap, Pangkalan TNI Angkatan Laut Cilacap, BPBD Kabupaten Cilacap, RAPI Cilacap, Cilacap Rescue, Relawan Jojok, SAR MTA, SAR Kutawaru, Rukun Nelayan Kutawaru, serta dibantu warga sekitar dan keluarga korban.

Setelah dilakukan pencarian, tim SAR gabungan berhasil menemukan korban atas nama Syahdan Arofi (11) dalam kondisi meninggal dunia pada hari Senin (21/2), pukul 22.50 WIB, selanjutnya korban kedua atas nama Tommy Hasan (11) ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada hari Selasa (22/2), pukul 13.00 WIB, sedangkan korban ketiga atas nama  Dzaqwan Labieb alias Zaki ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada pukul 20.50 WIB.

Baca juga: Tiga anak tenggelam di Sungai Donan Cilacap
Baca juga: Basarnas cari warga terjatuh di Sungai Logawa Banyumas


Pewarta : Woto
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024