Magelang (ANTARA) - Pemerintah Kota Magelang optimistis lulus seleksi Lomba Hari Habitat 2022 diselenggarakan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah.

"Mudah-mudahan harapan kita (lulus seleksi Lomba Hari Habitat 2022, red.) bisa terwujud," kata Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur dalam rilis diterima di Magelang, Minggu.

Pemkot Magelang berkomitmen mewujudkan kawasan bebas kumuh. Sejak 2015 hingga 2021 daerah itu berhasil mengentaskan kawasan kumuh seluas 121 hektare. Saat ini, masih ada 22 hektare lahan alam upaya pembebasan dari kawasan kumuh.

Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur telah menyampaikan paparan program-program pemkot terkait dengan lomba itu di hadapan dewan juri, di Aula Lantai 2 Gedung D UTC Semarang, Kamis (20/1).  

"Paparan sudah kita lakukan, kita lihat tanggapan dewan juri sangat positif, merasa puas," katanya.

Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Jawa Tengah menyelenggarakan Lomba Hari Habitat Tahun 2022 untuk pemerintah kabupaten dan kota di provinsi itu.

Lomba itu untuk mendorong pemerintah kabupaten dan kota dalam menangani kawasan permukiman kumuh di wilayah masing-masing dan mempercepat upaya penanganan dan pencegahan kawasan permukiman kumuh yang telah ditetapkan melalui penetapan kebijakan, strategi, serta pola-pola penanganan yang manusiawi, berbudaya, dan berkelanjutan.

Hadiah lomba dalam bentuk kegiatan fisik penanganan kawasan permukiman kumuh perkotaan bersumber dari APBD 2022 Provinsi Jawa Tengah.

Peringatan Hari Habitat Dunia ditetapkan oleh Perserikatan BangsaBangsa sebagai wujud kepedulian terhadap pemenuhan kebutuhan perumahan dan permukiman yang layak untuk semua lapisan masyarakat dan mengingatkan perlunya tanggung jawab bersama bagi masa depan habitat manusia.
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024