Semarang (ANTARA) -
Jawa Tengah meraih penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian pada kategori Provinsi Terbaik Penyedia Kredit Kerakyatan 2021.

Penghargaan diterima langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Ruang Graha Sawala, Gedung Ali Wardhana, Kemenko Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa.

Jateng mendapat nilai terbaik karena mempunyai berbagai program kredit usaha rakyat dan Gubernur Ganjar menggandeng berbagai pihak dari BUMD hingga swasta dalam upaya membangkitkan perekonomian pascapandemi COVID-19.

"Saya menyampaikan terima kasih dari Kemenko Bidang Perekonomian sudah memberikan kepercayaan dan penghargaan kepada Jawa Tengah sebagai pengelola KUR terbaik, di belakangannya banyak cerita sebenarnya," kata Ganjar yang ditemui usai penyerahan penghargaan.

Menurut Ganjar, penghargaan ini tidak lepas dari peran banyak pihak yang sudah menyalurkan dan memanfaatkan KUR, termasuk bimbingan dari pemerintah

"Saya menyampaikan terima kasih kepada kawan-kawan yang 'trigernya' bagus. Setelah dihajar COVID-19, sebenarnya KUR ini menjadi satu peluru yang menjadi energi besar untuk kebangkitan ekonomi," ujarnya.

Baca juga: Jateng raih penghargaan inovasi pengelolaan zakat terbaik nasional

Orang nomor satu di Jateng itu juga menyampaikan apresiasinya pada para pelaku usaha yang berkeinginan kuat untuk bangkit pascapandemi dan memanfaatkan fasilitas KUR.

"Banyak peran yang ditorehkan oleh kawan-kawan di sana sehingga Jawa Tengah bisa menjadi yang terbaik, terima kasih kawan-kawan sangat antusias memanfaatkan KUR ini," katanya.

Baca juga: Cegah vaksin kedaluwarsa, Ganjar ingatkan pemda perbarui data

Salah satu Program KUR yang dilakukan Ganjar di masa pandemi COVID-19 adalah menggandeng Bank Jateng meluncurkan Kredit Lapak yang dapat digunakan oleh pedagang pasar, pelaku industri kecil rumahan.
"Maka, kalau kemudian kita bicara pascapandemi bagaimana recovery bisa bangkit, pakailah KUR ini akan menjadi sesuatu yang luar biasa untuk mendorong usaha bangkit lagi dan perintah Bapak Presiden, manfaatkan," ujarnya.

Selain penghargaan tingkat provinsi, dua daerah di Jawa Tengah juga masuk dalam tiga terbaik penghargaan KUR 2021 yakni Pemerintah Kabupaten Purworejo dan Pemerintah Kabupaten Blora.(LHP)

Baca juga: Jateng dorong pembangunan rumah berbasis komunitas

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024