Purwokerto (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Purbalingga, Jawa Tengah, akan menutup sejumlah ruas jalan di daerah ini pada malam Tahun Baru 2022 guna mengantisipasi kerumunan dan mencegah penyebaran COVID-19.

"Sesuai dengan rencana sejumlah ruas jalan utama di wilayah Purbalingga akan di tutup pada saat malam pergantian tahun," kata Wakapolres Purbalingga Kompol Pujiono ketika dihubungi dari Purwokerto, Jumat.

Dia menambahkan pihaknya akan menutup ruas jalan yang melintasi Alun-Alun Purbalingga dan GOR Goentoer Darjono.

Dia berharap penutupan sejumlah ruas jalan dapat mengendalikan mobilitas penduduk pada malam pergantian tahun yang diperkirakan mengalami peningkatan.

"Karena kondisi saat ini masih pandemi, kami mengimbau masyarakat merayakan malam pergantian tahun di rumah saja bersama dengan keluarga tercinta," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan bantuan berupa sembako kepada sejumlah warga terdampak penutupan jalan saat malam pergantian tahun.

"Polres Purbalingga telah menggelar kegiatan sosial dengan sasaran masyarakat terdampak penutupan sejumlah jalan saat malam pergantian tahun. Kami datangi mereka kemudian diberikan bantuan sembako," katanya.

Dia menambahkan sasaran pemberian bantuan di antaranya pelaku usaha kecil, jasa transportasi, tukang parkir, tukang becak, dan lain sebagainya.

Bantuan tersebut, kata dia, diharapkan dapat meringankan beban warga yang tidak dapat melakukan aktivitas pekerjaan akibat adanya penutupan jalan.

"Kami berharap masyarakat bisa patuh terhadap kebijakan penutupan jalan sebagai upaya mengurangi mobilitas masyarakat sehingga mampu mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Purbalingga," katanya.

Seperti diwartakan sebelumnya Pemerintah Kabupaten Purbalingga mengimbau warga di wilayah ini untuk merayakan malam pergantian tahun dengan tetap berada di rumah bersama keluarga.

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga dr. Jusi Febrianto mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga dan memperkuat penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Tetap jaga protokol kesehatan dan tidak bepergian pada momen malam pergantian tahun, mari bersama-sama mencegah penyebaran COVID-19," katanya.

Baca juga: Polres tutup jalan pada malam Tahun Baru 2022 untuk cegah kerumunan

Baca juga: Hindari kerumunan, Gunung Tidar ditutup pada malam Tahun Baru 2022

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024