Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan apresiasi kepada masyarakat di wilayah setempat yang telah antusias mengikuti program percepatan vaksinasi COVID-19.

"Kami mengapresiasi antusias warga dalam mengikuti program vaksinasi sehingga cakupan vaksinasi di wilayah Purbalingga telah mencapai 70 persen lebih," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin.

Terkait dengan hal tersebut, Pemkab Purbalingga telah memberikan penghargaan kepada desa atau kelurahan yang telah aktif menyukseskan program vaksinasi.

Desa atau kelurahan yang menerima penghargaan di antaranya Kelurahan Purbalingga Kidul dengan cakupan vaksinasi 99,29 persen, Desa Kalitinggar, Kecamatan Padamara sebesar 99 persen, Desa Pegandekan, Kecamatan Kemangkon 98,19 persen, Desa Cendana, Kecamatan Kutasari 96,75 persen, dan Desa Jompo, Kecamatan Kalimanah 96,24 persen.

"Kami berharap pada masa yang akan datang cakupan vaksinasi di desa atau kelurahan lain juga terus meningkat secara signifikan," katanya.

Ia mengatakan penghargaan tersebut dilakukan dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun Ke-191 Kabupaten Purbalingga.

"Ini merupakan bentuk apresiasi dari Pemkab Purbalingga terhadap antusiasme warga dalam mengikuti program vaksinasi dan juga program pengendalian COVID-19," katanya.

Ia berharap, seluruh masyarakat Purbalingga terus berperan aktif dalam program percepatan vaksinasi dan pengendalian COVID-19.

Kendati capaian vaksinasi di Purbalingga terus meningkat, ia mengingatkan warga untuk tetap waspada dan memperkuat protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir.

"Tetap perkuat protokol kesehatan dan bagi yang belum vaksin agar segera mendaftarkan diri ke puskesmas terdekat," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga dr. Jusi Febrianto menambahkan capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat hingga hari ini tercatat sebesar 73,38 persen dari target sasaran.

"Sebanyak 571.341 warga di daerah setempat sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama sejak pelaksanaan vaksinasi massal dimulai. Jumlah tersebut berarti 73,38 persen dari target 778.743 sasaran vaksinasi di wilayah ini," katanya.

Dia mengatakan capaian vaksinasi terus meningkat secara signifikan menyusul upaya percepatan vaksinasi yang dilakukan Pemkab Purbalingga bersama seluruh instansi terkait.

"Menjelang akhir tahun ini program vaksinasi terus dipercepat melalui sejumlah upaya strategis seperti vaksinasi massal hingga vaksinasi jemput bola," katanya.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024