Batang (ANTARA) - Bupati Batang Wihaji mengajak para guru menciptakan pembelajaran yang efektif, efisien, sederhana, dan menyenangkan untuk membentuk karakter peserta didik yang bernilai dan memiliki pengetahuan luas.

"Zaman sudah berubah, kita harus bisa mengetahui dan memahami tentang dunia digital, termasuk dalam dunia pendidikan," katanya pada acara webinar Platform Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Modern Guru dengan Asosisasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) di Batang, Jawa Tengah, Senin.

Menurut dia, transformasi digital harus mampu menjawab persoalan yang ada dan mampu menciptakan platform digital yang efektif, efisien, sederhana dan menyenangkan agar peserta didik lebih mudah memahami ilmu yang diajarkan.

"Saya berharap itu menjadi tanggung jawab kita semua, tidak hanya memberikan pengetahuan namun juga memberikan nilai dari ilmu yang diberikan," kata Wihaji.

Pemkab akan terus melakukan penerapan pembelajaran digital secara bertahap, seperti menggelar lomba kreativitas dan inovasi pembelajaran yang tujuannya mengetahui cara belajar yang menyenangkan bagi peserta didik.

Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan Asosisasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia Zahir mengatakan webinar ini untuk mewujudkan guru yang cakap bermedia digital, cakap numerasi, dan berkarakter dalam menghadapi tantangan global.

Apkasi sebagai organisasi pemerintah kabupaten se-Indonesia, kata dia, telah menjadi lembaga yang diperhitungkan, salah satunya di bidang pendidikan karena tujuan di antaranya memperjuangkan aspirasi daerah.

Zahir berharap, platform sahabat guru dapat memudahkan tenaga pendidik dalam melaksanakan proses belajar mengajar pada peserta didik.

"Transformasi digital harus dilakukan dalam proses belajar mengajar. Hal ini yang menjadi tantangan kita ke depan, terutama pada pandemi COVID-19 seperti sekarang. Kami berharap para guru di Kabupaten Batang bisa menggunakan aplikasi ini untuk menjadi bahan pembelajaran dan memudahkan untuk mencari literatur yang dibutuhkan," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024