Solo (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas Polresta Surakarta menyosialisasikan protokol kesehatan untuk mencegah COVID-19 dengan membagi-bagikan makanan berupa nasi kemasan kotak dan masker kepada masyarakat saat kegiatan "Jumat Berkah" di Pasar Gede Jebres, Kota Solo, Jateng, Jumat.

Dalam kegiatan itu, ada anggota satlantas berpakaian tokoh wayang, Arjuna dan Srikandi, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan prokes di tengah pandemi dan tertib berlalu lintas.

Personel kepolisian berkostum wayang itu berbaur dengan masyarakat di kawasan Pasar Gede Kecamatan Jebres dalam kegiatan tersebut. Mereka juga membagikan poster, nasi kotak, dan masker kepada warga yang tidak mengenakan masker.

Baca juga: Polresta Surakarta perketat prokes saat pemberlakukan PPKM Level 3

Wakil Kepala Satlantas Polresta Surakarta AKP Sutoyo mengatakan kegiatan tersebut menjadi rangkaian Operasi Zebra Candi 2021 di Kota Solo yang mengutamakan penyampaian pemahaman prokes guna pencegahan penularan COVID-19.

"Selain membagikan makanan nasi kotak yang menjadi kegiatan rutin 'Jumat Berkah', juga disisipi dengan sosialisasi prokes dan imbauan taat berlalu lintas," katanya.

Ia mengakui mengemas kegiatan itu secara unik guna mendekatkan aparat kepolisian dalam menyampaikan misinya kepada masyarakat.

Ia berharap, dengan kegiatan tersebut masyarakat menaati prokes guna mencegah peningkatan COVID-19, sekaligus tertib dalam berkendaraan, untuk menekan angka kecelakaan di Solo.

Seorang warga Solo, Arief (31), mengapresiasi ide Polresta Surakarta dalam melakukan sosialisasi dengan membagikan masker kepada masyarakat agar memahami pentingnya prokes.

"Saya apresiasi ide pihak kepolisian yang mengenakan kostum tokoh wayang dalam sosialisasi prokes yang menjadi perhatian warga sekitar. Sosialisasi prokes ini bisa menjadi daya tarik warga sekitar untuk mengikuti aturan," katanya.

Baca juga: Warga Purbalingga diminta perkuat prokes meski kasus COVID-19 menurun
Baca juga: Kudus kembali tingkatkan operasi yustisi penegakan prokes

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024