Purwokerto (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah menginformasikan bahwa jumlah total pasien terkonfirmasi COVID-19 di wilayah setempat yang telah dinyatakan sembuh hingga hari ini sebanyak 17.215 orang.

"Jumlah pasien sembuh ini bertambah enam orang bila dibandingkan data hari sebelumnya yang berjumlah 17.209," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono ketika dihubungi dari Purwokerto, Selasa.

Dia menambahkan total keseluruhan jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sejak awal penanganan hingga saat ini ada sebanyak 18.379 orang.

Dari jumlah tersebut 17.215 telah dinyatakan sembuh, 1.130 meninggal dunia, 7 masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan dan 27 lainnya melakukan isolasi mandiri.

"Pada hari ini jumlah kasus aktif yang tercatat di Purbalingga sebanyak 34 orang," katanya.

Jumlah kasus aktif, kata dia, mengalami penurunan bila dibandingkan hari sebelumnya yang sebanyak 50 orang.

Dia menjelaskan bahwa berdasarkan data yang ada, perkembangan kasus COVID-19 di wilayah Purbalingga mengalami tren penurunan.

Kendati demikian, pihaknya kembali mengingatkan kepada masyarakat agar tetap memperkuat penerapan protokol kesehatan dan segera mendaftarkan diri untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 bagi mereka yang belum vaksin.

"Kendati terjadi penurunan kasus aktif beberapa waktu belakangan ini namun jangan sampai membuat masyarakat menjadi lengah dan abai terhadap protokol kesehatan. Masyarakat harus tetap waspada, perkuat protokol kesehatan," katanya.

Dia menginformasikan bahwa sebanyak 262.416 warga di daerah setempat sudah disuntik vaksin COVID-19 dosis pertama sejak pelaksanaan vaksinasi massal dimulai.

"Menurut data terakhir total warga yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama ada sebanyak 262.416 orang," katanya.

Dia mengatakan pihaknya hingga hari ini masih terus menggencarkan sejumlah upaya guna mempercepat laju vaksinasi di wilayah setempat.

"Pemkab Purbalingga bersama unsur TNI dan Polri terus memperkuat sinergitas dalam rangka mempercepat laju vaksinasi," katanya.

Dia juga mengatakan berbagai upaya terkait percepatan laju vaksinasi yang selama ini dilakukan telah menunjukkan hasil yang cukup signifikan.

"Bila merujuk data, ada sebanyak 262.416 orang yang sudah mendapat vaksinasi dosis pertama itu berarti 33,69 persen dari target 778.743 sasaran vaksinasi di wilayah ini," katanya.
Baca juga: Bupati Pubalingga: Pencegahan COVID-19 perlu dukungan masyarakat
Baca juga: Purbalingga akan berlakukan jam malam

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024