Magelang (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) mendorong kebangkitan UMKM dan kewirausahaan di Kota Magelang, Jawa Tengah, untuk mendukung destinasi wisata super prioritas Candi Borobudur.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno di Magelang, Kamis, mengatakan kebangkitan kewirausahaan    penting karena penciptaan lapangan kerja dibutuhkan di tengah pandemi ini.

Sandiaga menyampaikan hal tersebut usai menghadiri "Pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia, Workshop Pelaku Ekonomi Kreatif" di Kota Magelang.

Menurut dia, mempertahankan lapangan kerja merupakan tugas dari seluruh ekosistem ekonomi dan pemerintah memfasilitasi, salah satunya dengan program Pengembangan Kabupaten Kota (Kata) Kreatif Indonesia.

Dalam program Kata Kreatif Indonesia, ungkap Menparekraf, Kota Magelang merupakan ke-16 dari 25 lokasi yang dilakukan. Dalam kesempatan tersebut, diserahkan bantuan bagi pelaku UMKM dan kewirausahaan yang ada.

"Kami hadir untuk memberikan bantuan kepada UMKM dan kewirausahaan. Tadi ada inovasi, kolaborasi, juga adaptasi yang dilakukan di tengah pandemi. Kami harapkan tercipta geliat ekonomi dan kebangkitan pemulihan di Kota Magelang khususnya nanti untuk mengantisipasi pariwisata yang akan terpicu oleh magnet super prioritas destinasi Borobudur," katanya.

Menurut dia dalam era 4.0 ini tidak bisa dilakukan dengan cara-cara lama dan diperlukan adanya upskilling dan reskilling.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz berharap dengan kunjungan Menparekraf ini produk-produk di Kota Magelang semakin dikenal di seluruh Indonesia maupun luar negeri.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pak Menteri, alhamdulillah Magelang menjadi salah satu tempat yang dikunjungi. Mudah-mudahan dengan kunjungan ini, Kota Magelang semakin dikenal dan produk-produknya bisa diterima di seluruh Indonesia maupun di luar negeri," katanya.
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024