Kudus, Jateng (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Kudus berharap dukungan masyarakat dan perusahaan dalam program bulan dana PMI karena dalam kurun waktu tiga bulan menargetkan bisa mengumpulkan dana sebesar Rp768,9 juta.

"Waktu pengumpulan berlangsung mulai 1 September hingga 30 November 2021. Kami akan berupaya maksimal agar bisa memenuhi target tersebut," kata Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Kudus Letkol (Kav) Indarto usai pembukaan bulan dana tahun 2021 PMI Kudus di aula PMI Kudus, Jumat.

Untuk memenuhi target tersebut, kata dia, pihaknya akan melibatkan jajarannya di tingkat Koramil serta dari Kepolisian hingga tingkat Polsek untuk melakukan pendekatan terhadap masyarakat agar peduli dan mau mendukung upaya PMI Kabupaten Kudus dalam menghimpun dana karena misi utamanya untuk bantuan kemanusiaan.

Selain masyarakat umum, kata dia, keberadaan perusahaan swasta di Kabupaten Kudus yang begitu banyak juga akan disasar ikut membantu pendanaan untuk PMI Kabupaten Kudus.

Perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Kudus, kata Indarto, akan dilakukan pendekatan agar bersedia menyumbangkan dana kemanusiaan untuk PMI.

Wakil Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kudus Imam Suroso mengakui penyumbang terbesar dalam bulan dana PMI selama ini dari institusi pendidikan, sedangkan perusahaan yang ada di Kudus juga perlu dioptimalkan agar tahun ini bisa ikut membantu memenuhi target.

"Kami optimistis bisa mencapai target karena semua sekolah sudah menggelar pembelajaran tatap muka. Jika target penghimpunan dana terpenuhi, tentunya fasilitas serta relawan akan menjadi lebih baik," katanya.

Selain itu, dana yang terkumpul nantinya untuk kepentingan masyarakat yang mendapat musibah bencana alam dan lainnya, demikian Imam Suroso.

Baca juga: PMI Kota Magelang mulai buka pelayanan donor plasma konvalesen

Baca juga: PMI Banjarnegara gencarkan sosialisasi pentingnya donor plasma

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024