Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, menyelenggarakan lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa berbasis pemberdayaan perempuan sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan warga di desa.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bepelitbang) Kabupaten Batang Ari Yudianto di Batang, Senin, mengatakan bahwa lomba inovasi tersebut diikuti sebanyak 103 desa di 15 Kecamatan.

"Lomba inovasi perencanaan peningkatan ekonomi desa berbasis pemberdayaan perempuan tersebut sudah memasuki tahap penilaian tingkat kecamatan yang akan diselenggarakan September 2021," katanya.

Baca juga: PPKM Level 3, Batang lakukan simulasi persiapan pembukaan objek wisata

Menurut dia, tim juri dari kecamatan akan menilai kelayakan inovasi dari para peserta lomba dan akan meninjau langsung ke lokasi untuk kesesuaian fakta proposal tersebut.

Setelah dinilai oleh tim juri kecamatan, kata Ari Yudianto, peserta yang masuk nominasi desa terbaik selanjutkan akan dinilai tim juri kabupaten untuk penentuan pemenang lomba.

"Pengumuman pemenang dilaksanakan pada 15 Desember 2021. Adapu pemenang lomba inovasi desa dan kelurahan akan diambil maksimal tiga pemenang pada masing-masing kecamatan," katanya.

Kepala bidang Penelitian dan Pengembangan Bapelitbang Bagus Pambudi mengatakan lomba ini sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa khususnya kelompok perempuan.

"Lomba ini diharapkan dapat membentuk aktor-aktor inovasi dan pemberdayaan pada kelompok perempuan di seluruh desa dan kelurahan yang ada di daerah setempat," katanya.

Bagus menyebutkan juri lomba ini berasal dari berbagai praktisi yang berpengalaman pada bidang yang jadi penilaiannya.

Pemenang dengan predikat emas dengan skor 91-100 akan mendapat dana stimulan sebesar Rp300 juta, predikat perak skor 81-90 mendapat Rp200 juta, dan predikat perunggu skor 70-80 mendapat Rp100 juta.

"Juri menilai secara profesional dan dipastikan netral dan tidak ada campur tangan dari pihak pemerintah daerah," demikian kata Bagus.

Baca juga: Batang bangun jalan penghubung tiga kecamatan senilai Rp9,2 miliar

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024