Semarang (ANTARA) - Bank Sahabat Sampoerna (Bank Sampoerna) bersama KSP Sahabat Mitra Sejati kembali bersinergi dengan stakeholder terkait di antaranya Dinas Koperasi dan Kepolisian melakukan pembagian paket sembako di 34 kota.

Masing-masing sebanyak 300 paket sembako ke-17 cabang Bank Sampoerna dan 17 cabang KSP Sahabat Mitra Sejati di seluruh Indonesia. 

Kepala Cabang Bank Sampoerna Semarang Thomas Subekti menjelaskan gerakan yang dinamakan Peduli Komunitas tersebut dilakukan secara bertahap, dimana tahap pertama dilakukan pada Minggu ke-2 bulan Agustus 2021 dengan total bantuan mencapai 10.000 paket sembako. 

Sementara tahap ke-2 dilaksanakan pada pertengahan September 2021 dengan membagikan tambahan 10.000 paket sembako.

Pada tahap pertama, Bank Sampoerna Cabang Semarang membagikan paket sembako di Kantor Balaikota Semarang yang beralamat di Jalan Pemuda 148 Semarang pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Thomas Subekti menjelaskan gerakan tersebut merupakan inisiatif atas keprihatinan terkait kondisi merebaknya wabah COVID-19 di seluruh Indonesia. 

Penerima bantuan difokuskan kepada masyarakat yang terdampak pandemi baik secara finansial, seperti pekerja harian lepas dan masyarakat kurang mampu di lingkungan kantor Bank Sampoerna dan KSP Sahabat Mitra Sejati.

"Untuk mendukung pendistribusian sembako, kami bekerja sama dengan nasabah dalam pengadaan paket sembako di masing-masing wilayah, sehingga pemberdayaan UMKM dapat dilakukan secara merata serta lebih banyak yang menerima manfaatnya. Selain nasabah, kami juga bersinergi dengan Dinas Koperasi dan Kepolisian dalam penyaluran," kata Thomas Subekti

Lebih lanjut Thomas Subekti menjelaskan ke- 17 cabang Bank Sampoerna tersebut antara lain Jakarta, Palembang, Medan, Pekanbaru, Bandung, Pontianak, Makassar, Surabaya, Malang, Sorong, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, Jayapura, Palopo, Gading Serpong, dan Jababeka.

Ia menambahkan Bank Sampoerna memiliki kinerja yang cukup baik yang ditunjukkan pada kuartal pertama tahun 2021 berhasil membukukan peningkatan laba bersih sebesar 13 persen menjadi Rp11,1 miliar dibandingkan dengan kuartal pertama tahun sebelumnya. 

Sementara total aset Bank Sampoerna meningkat sebesar 21 persen menjadi Rp13,2 triliun dibandingkan dengan kondisi per Maret 2020 dan hal tersebut sejalan dengan total penghimpunan dana pihak ketiga yang juga meningkat 21 persen hingga berjumlah Rp11,0 triliun pada periode yang sama. 

Sedangkan total kredit sendiri mencapai Rp8,2 triliun atau relatif tidak berubah dibandingkan dengan kondisi pada tahun sebelumnya.

Bank Sampoerna melakukan kemitraan strategis dengan KSP Sahabat Mitra Sejati dan memiliki lebih dari 90 kantor cabang di seluruh Indonesia. 

Bank Sampoerna memililki fokus untuk melayani UMKM dan sering membagikan keahlian, pengetahuan teknis, sampai KSP Sahabat Mitra Sejati memiliki kemampuan pengelolaan risiko, manajerial, dan teknologi yang representatif dalam mendukung kegiatan usaha agar dapat bersaing dengan lembaga keuangan lainnya di Indonesia.
 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024