Jakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Pusat Legium Veteran Republik Indonesia (DPP LVRI) pada peringatan Hari Veteran Nasional 2021 mencoba mengggali kisah perjuangan veteran melalui lomba karya tulis dan poster yang bertemakan sekitar veteran.

Kepala Humas DPP LVRI Sudadi melalui percakapan WhatsApp di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa pihaknya baru kali pertama mengadakan lomba tersebut, apalagi memilih tema sosok veteran.

Namun, lanjut dia, sejak pembukaan lomba 5 Agustus lalu mendapat respons positif, terbukti puluhan karya tulis yang mengikuti lomba dari seluruh Indonesia terus mengalir ke alamat surat elektronik (email) panitia. 

"Antusiasme masyarakat untuk mengikuti lomba cukup tinggi. Mungkin karena tema yang diangkat menarik karena bicara tentang sosok veteran yang nyaris belum pernah dilombakan," kata Sudadi. 

Adapun target penyelenggaraan lomba, kata Sudadi, adalah ingin menggali kisah-kisah sejarah perjuangan dan memasyarakatkan sosok veteran yang makin terlupakan oleh generasi penerus bangsa. 

Baca juga: LVRI: Negara tidak boleh kalah dengan aksi kelompok
  Detik-detik upacara peristiwa penghentian tembak-menambak antara Tentara Nasional Indonesia dengan pasukan Belanda di Solo, 10 Agustus 1948. ANTARA/HO-DPP LVRI/Dokumentasi Disjarah AD 

Anggota Veteran dari unsur Pasukan Perdamaian PBB ini pun berharap melalui lomba ini masyarakat makin mengenal veteran, baik sisi perjuangannya maupun keteladanannya dalam menegakkan dan membela kemerdekaan negeri ini.

Melalui berbagai kisah pengorbanan veteran, menurut Sudadi, bangsa ini akan banyak mewarisi nilai-nilai perjuangan mereka, di antaranya sikap cinta tanah air, cinta negeri, tanpa pamrih, percaya akan kemampuan sendiri, dan semangat pantang menyerah.

Sudadi berharap antusiasme masyarakat yang tinggi ini bisa mendorong semangat dan kebanggaan bagi veteran di seluruh Indonesia. Kisah perjuangan mereka akan ditulis dari berbagai sudut pandang dan peristiwa perjuangan yang berbeda.

Ia menginformasikan pelaksanaan Lomba akan berakhir 25 Agustus 2021. Pemenangnya akan diumumkan pada tanggal 9 September 2021. Hadiah Lomba masing-masing kategori, Juara I mendapatkan uang Rp7 juta, Juara II Rp5 juta, Juara III Rp3 juta, dan Juara IV Rp2 juta.

Panitia penyelenggara membuka dua paket lomba penulisan dan satu paket lomba pembuatan poster. Lomba terbuka untuk umum dan internal organisasi LVRI dan PPM. 

Kategori Umum:

(1) Tulisan bebas dan judul:
a.  "Kakek/Nenekku atau Bapak Ibuku Seorang Veteran Sejati (Pilih salah satu yang menjadi Veteran).
b.  "Sosok Veteran yang Aku Kenal" (bisa wawancara dengan tokoh Veteran daerah.


Baca juga: Jajaran LVRI diminta jaga posisi terhormat di tengah masyarakat
 
(2) Tulisan tentang Sejarah Perjuangan di Daerah. Terdapat beberapa peristiwa antara lain: Peristiwa Keveteranan Perang Kemerdekaan RI 1945—1949, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Operasi, Seroja, dan Operasi Perdamian Dunia (PBB).
Syarat penulisan maksimal 6 halaman ketik A4 Times New Roman, huruf ukuran 14, spasi 1,5, dilengkapi foto dokumen (jika ada). Tulisan merupakan karya orisinal bukan saduran atau plagiat,

Kategori Khusus:

(3). Pembuatan Poster Harvetnas. Peserta terbatas dari DPD/DPC LVRI dan PPM (Pemuda Panca Marga). 
Syarat membuat Poster Harvetnas. Bisa menggunakan format JPG, BMP, CIF, dan TIFF. Minimal 300 DPL menggunakan aplikasi umum.


Informasi lengkap Tata Cara Lomba silakan klik   https://veteranri.go.id/index.php/lvri/index/1628254573.
  Para pejuang dari berbagai laskar bersenjata yang merupakan cikal bakal veteran. ANTARA/HO-DPP LVRI

Pewarta : Kliwon
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024