Purwokerto (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, meluncurkan layanan "Banyumas Humanity Medical Careline" bagi masyarakat yang membutuHkan informasi seputar COVID-19 maupun kesehatan lainnya.

Peluncuran layanan "Banyumas Humanity Medical Careline" tersebut ditandai dengan penyerahan rompi tim medis oleh Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Banyumas Subur Ibrahim dan Kepala ACT Cabang Purwokerto Andi Rahmanto kepada tiga orang dokter relawan di halaman Kantor ACT Cabang Purwokerto, Jumat.

Saat ditemui usai acara, Sekretaris MUI Kabupaten Banyumas Subur Ibrahim memberikan apresiasi atas inisiatif ACT Cabang Purwokerto untuk memberikan layanan "Banyumas Humanity Medical Careline".

Baca juga: ACT Purwokerto salurkan bantuan untuk tenaga medis

"Pelayanan terhadap kesehatan manusia itu yang paling pokok, mudah-mudahan kegiatan ini akan bisa memberikan kontribusi, bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan, baik itu yang bersifat moral ataupun yang lain, material. Tapi yang jelas, ini satu yang sangat penting dalam rangka untuk memberikan optimisme kepada masyarakat karena ada kelompok-kelompok yang ingin membantu menjaga kesehaTan mereka," katanya.

Menurut dia, layanan yang diberikan ACT Cabang Purwokerto tersebut merupakan suatu yang sangat mulia bagi kepentingan kemanusiaan.

Sementara itu, Kepala ACT Cabang Purwokerto Andi Rahmanto mengatakan layanan "Humanity Medical Careline" telah berjalan di Kantor Pusat ACT, Jakarta.

"ACT Purwokerto merupakan kantor cabang pertama yang membuka layanan ini. Kami menginisiasi layanan ini sebagai bagian dari keinginan kami untuk membantu masyarakat yang hingga hari ini banyak yang terkena COVID-19," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, layanan "Banyumas Humanity Medical Careline" lebih diarahkan ke konsultasi terkait dengan COVID-19 agar masyarakat paham mengenai cara penanggulangannya.

Ia mengharapkan dengan adanya layanan tersebut, akan semakin banyak masyarakat yang paham tentang COVID-19, sehingga penularannya dapat ditekan.

"Bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan layanan 'Banyumas Humanity Medical Careline' dapat menghubungi nomor telepon 08112828287, nanti akan kami hubungkan ke dokter yang bertugas. Layanan ini gratis dan dibuka pada pukul 08.00-20.00 WIB setiap hari," katanya.

Ia mengatakan ke depan jika telah mendapatkan mitra korporat maupun komunitas, pihaknya tidak hanya memberikan layanan konsultasi, juga pemberian obat-obatan yang akan diantarkan ke rumah pasien dengan menggunakan jasa kurir.

Kendati lebih diprioritaskan untuk layanan konsultasi tentang COVID-19, dia mengatakan masyarakat juga bisa berkonsultasi mengenai permasalahan kesehatan lainnya.

"Setiap masyarakat yang menghubungi layanan ini, kami beri waktu untuk berkonsultasi maksimal 10 menit, biar makin banyak masyarakat yang bisa memanfaatkannya," kata Andi. 

Baca juga: ACT Purwokerto salurkan bantuan bagi warga terdampak larangan mudik
 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024