Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang bersama Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, dalam rangkaian Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI  telah memvaksin 2.996 orang dari target 4.200 dosis pertama di Stadion Olahraga Moh Sarengat Batang, Kamis.

"Kegiatan vaksinasi gratis tersebut akan dilaksanakan hingga 17 Agustus 2021, namun pada hari pertama, kami memvaksin 2.996 orang dari target 4.200 orang," kata Kepala Polres Batang AKBP Edwin Louis Sengka.

Selain dilakukan di Stadion Olahraga Moh Sarengat, kata dia, program vaksinasi Merdeka Candi itu juga akan dilaksanakan di seluruh jajaran kepolisian sektor (polsek) setempat.

"Untuk di setiap polsek akan dijatah bisa memvaksin 200 orang pada hari ini," kata Kapolres Edwin Louis Sengka.

Menurut dia, sasaran utama pada kegiatan vaksinasi tersebut adalah para nelayan, pelajar dan anggota organisasi kemasyarakatan (ormas).

"Sasaran utama vaksinasi adalah para nelayan. Akan tetapi, karena jumlah nelayan relatif sedikit, maka vaksinasi juga untuk para pelajar dan anggota ormas," katanya.

Baca juga: Pemerintah Jateng mulai laksanakan vaksinasi "booster" untuk tenaga kesehatan

Baca juga: Polresta Banyumas gelar vaksinasi bagi mahasiswa di Purwokerto

Bupati Batang Wihaji mengatakan jumlah warga Batang yang telah divaksinasi pada dosis pertama sudah mencapai sekitar 85.000 orang atau 14 persen dari target vaksinasi warga di daerah setempat.

"Saat ini, kami memang masih memprioritaskan warga di wilayah Kota Batang yang mendapat vaksinasi karena pertimbangan jumlah penduduk yang cukup padat dan terbanyak yang terpapar COVID-19," katanya.

Wihaji mengatakan pihaknya saat ini terus menggencarkan program vaksinasi bagi warga. Bahkan, setiap hari setiap puskesmas melayani warga yang ingin mendapatkan vaksinasi COVID-19.

"Kami bersama TNI/Polri siap melakukan percepatan vaksinasi. Akan tetapi, tentunya hal itu tergantung dari ketersediaan vaksin," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024