Purwokerto (ANTARA) - Pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Chusmeru mengatakan masuknya Jembatan Khayangan yang menjadi salah satu nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2021 perlu diapresiasi.

"Masyarakat Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah patut berbangga. Pasalnya, Jembatan Khayangan di Kawah Sikidang, Dieng masuk dalam ajang API 2021 kategori destinasi unik," katanya di Purwokerto, Banyumas, Kamis.

Ia menjelaskan hal tersebut merupakan torehan prestasi di tengah perkembangan pariwisata di Banjarnegara, mengingat jembatan ini mempunyai keunikan tersendiri.

"Banyak jembatan sejenis di Tanah Air yang juga memiliki keunikan masing-masing. Namun Jembatan Khayangan memiliki keunikan tersendiri, karena berada di objek wisata kawah dan berada di dataran tinggi yang eksotis," katanya.

Menurut dia, masuknya Jembatan Khayangan akan menguntungkan dalam dua hal. Pertama, pariwisata Banjarnegara akan makin dikenal di kancah nasional, karena ajang ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah.

"Dengan demikian, Banjarnegara akan berpotensi untuk lebih banyak dikunjungi wisatawan," katanya.

Baca juga: Jembatan Khayangan Dieng Banjarnegara masuk nominasi API 2020

Kedua, Banjarnegara akan memiliki ikon pariwisata tambahan, selain Dataran Tinggi Dieng, jika Jembatan Khayangan dapat memenangi ajang API 2021.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa Jembatan Khayangan di Kawah Sikidang, Dataran Tinggi Dieng menjadi salah satu nominasi dalam API tahun 2021.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto mengatakan pihaknya mengajak seluruh warga Banjarnegara untuk memberikan dukungan dalam ajang bergengsi yang digelar oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu.

"Kami mengajak masyarakat untuk dapat mendukung dengan cara mengirimkan SMS ketik API spasi 16C kirim ke 99386. Dukungan dapat dilakukan mulai tanggal 1 Juli 2021 hingga 31 Oktober 2021," katanya.

Selain itu, kata dia, masyarakat juga dapat mengikuti akun @ayojalanjalanindonesia di media sosial Instagram lalu memilih like untuk destinasi unik Jembatan Khayangan.

Selain itu, warga juga bisa memberikan dukungan dengan mengakses media sosial youtube APIaward, pilih destinasi unik Jembatan Khayangan, lalu pilih like dan subscribe.

Baca juga: Bupati Banjarnegara: Telaga Merdada Dieng terus dikembangkan
Baca juga: Dukung PPKM, objek wisata di Banjarnegara tutup sementara hingga 2 Agustus
Baca juga: Pemkab perkuat strategi pengembangan wisata Dieng
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024