Purwokerto (ANTARA) - Bupati Purbalingga, Jawa Tengah Dyah Hayuning Pratiwi mengapresiasi tingginya kepedulian masyarakat di wilayah setempat untuk membantu sesama yang terdampak pandemi COVID-19.

"Kami memberikan apresiasi karena ternyata banyak masyarakat yang memberikan empati luar biasa terhadap saudara-saudara kita yang terdampak pandemi, khususnya yang sedang menjalani isolasi mandiri," katanya melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Banyumas, Selasa.

Bupati mencontohkan ada banyak warga yang membuat posko pemberian bantuan dan menyalurkan makanan bagi mereka yang tengah menjalani isolasi mandiri.

"Beberapa waktu kemarin saya meninjau langsung posko pemberian bantuan yang diantaranya berlokasi di Desa Toyareka, Kantor Kecamatan Kalimanah dan juga di Posko Satgas COVID-19 Kabupaten Purbalingga," katanya.

Menurut dia gerakan tersebut sangat dibutuhkan karena pemerintah perlu dukungan masyarakat dalam upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19.

"Saat seperti ini harus ada gotong royong dan upaya bergerak bersama, karena dengan banyaknya kepedulian maka akan meringankan beban," katanya.

Bupati berharap kegiatan positif yang telah dilakukan akan bisa menggugah masyarakat lainnya untuk bisa ikut bersama-sama membantu mereka yang terdampak.

Menurut dia, upaya percepatan penanganan pandemi COVID-19 membutuhkan sinergitas dari berbagai pihak.

Selain itu, bupati juga meminta semua jajaran Pemkab Purbalingga untuk mengintensifkan edukasi dan sosialisasi mengenai protokol kesehatan.

"Terutama saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ini, protokol kesehatan harus diperkuat agar tidak menjadi sia-sia," katanya.

Dia mengatakan, pembatasan yang tengah dilakukan harus diiringi dengan disiplin penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat.

"Akan percuma jika pembatasan diterapkan namun tidak diiringi dengan penerapan protokol kesehatan. Padahal protokol kesehatan adalah upaya strategis yang dapat dilakukan jika Purbalingga ingin memutus mata rantai penyebaran COVID-19," katanya.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat di wilayah setempat yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 untuk segera mendaftar guna mempercepat capaian herd immunity atau kekebalan komunal.

"Bagi yang belum vaksin silahkan segera melakukan pendaftaran," katanya.

 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024