Semarang (ANTARA) - PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah menyerahkan 785 batang pohon untuk penghijauan kepada Pemerintah Kota Solo dan secara simbolis bantuan diserahkan Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah Jahja Joel Lami dan diterima Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Senin.

Bantuan pohon yang merupakan bagian dari Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT Jasa Raharja bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Surakarta yang mengangkat tema Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kota Surakarta tersebut totalnya senilai Rp90 juta.

"Kegiatan ini adalah merupakan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan PT Jasa Raharja yang dilaksanakan secara rutin. Tahun ini kami serahkan bantuan pohon ke Pemerintah Kota Solo dan Kota Semarang," kata Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah Jahja Joel Lami.

Baca juga: Jasa Raharja Pekalongan berikan santunan kepada ahli waris korban kecelakaan

Jenis pohon yang diserahkan, lanjut Jahja, antara lain Tabebuya, Asem Jawa, Bungur, Bougenville, Yolanda, Kacang kacangan, Euporbia, dan Lamtana.

Jahja menambahkan pelaksanaan Program TJSL berorientasi pada pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) dan beberapa fitur TJSL yang ada di Jasa Raharja antara lain pendidikan dan pelatihan, pelestarian alam, sarana, dan prasarana umum, bantuan sosial kemasyarakatan, bantuan bencana alam dan nonalam, dan sarana ibadah.
  Kepala Cabang PT Jasa Raharja Cabang Jawa Tengah Jahja Joel Lami menyerahkan bantuan pohon dan diterima Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Solo, Senin. (ANTARA/HO-Jasa Raharja)

TJSL fitur pelestarian alam, lanjut Jahja, merupakan salah satu program yang merupakan pilar lingkungan dalam tujuan pembangunan berkelanjutan khususnya tujuan nomor 13 Penanganan Perubahan Iklim dan 15 Ekosistem Darat.

"Selain itu, program TJSL kali ini diperuntukkan untuk pembangunan ruang hijau kota sehingga diharapkan juga dapat memenuhi tujuan nomor 11 yaitu menciptakan kota dan pemukiman yang berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Jasa Raharja serahkan santunan kecelakaan 6 meninggal dunia di Banyumas

Jahja menambahkan penanaman pohon tersebut dapat mengurangi polusi udara dan dengan penanaman pohon ini diharapkan dapat mendukung program penghijauan dan pelestaraian alam, sehingga  mewujudkan kota yang asri dan ramah lingkungan demi kesejahteraan masyarakat setempat.

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menyambut baik bantuan penghijauan kota dari Jasa Raharja Jateng karena bantuan tersebut memberikan manfaat secara ekonomi dan lingkungan.

"Tanggung jawab lingkungan ini untuk pelestarian alam. Dengan ruang terbuka hijau bisa mencegah polusi dan udara yang semakin segar. Ada 10 titik yang sudah disiapkan untuk penanaman pohon," kata Gibran.

Baca juga: Kecelakaan turunan Kretek Wonosobo, Jasa Raharja serahkan santunan
 


 

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024