Kebumen (ANTARA) - Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Kementerian Kelautan dan Perikanan membantu pemenuhan protein masyarakat di masa pandemi COVID-19 dengan menyalurkan 600 paket produk ikan kepada masyarakat di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Kepala Stasiun KIPM Yogyakarta Hafit Rahman melalui keterangan tertulis di Kebumen, Minggu, mengatakan bantuan 600 paket untuk masyarakat Kabupaten Kebumen tersebut dengan volume total produk perikanan sebanyak 1,482 ton.

Ia menyebutkan komponen bantuan per paket terdiri atas ikan nila segar 1,5 kilogram, ikan asap 350 gram, dan empat kaleng sarden 155 gram.

Dalam penyediaan paket bantuan ikan Stasiun KIPM Yogyakarta melibatkan pengolah ikan lokal dan UMKM sekitar yang terdampak COVID-19 di Kabupaten Kebumen.

Baca juga: BKIPM berikan 600 paket makanan olahan ikan di Temanggung

Hafit menyampaikan kegiatan BKIPM Peduli Sosial ini merupakan rangkaian Bulan Mutu Karantina 2021 yang mengambil tema "Ikan Sehat Bermutu untuk Mendukung Pemenuhan Protein Masyarakat".

Kegiatan BKIPM Peduli Sosial dilaksanakan di Desa Seboro Kecamatan Sadang Kabupaten Kebumen ini merupakan bagian dari kegiatan Bulan Mutu Karantina Tahun 2021 yang berlangsung pada periode April sampai dengan Juni 2021.

Selain itu, kegiatan ini mendukung Instruksi Presiden 01 Tahun 2017 "Gerakan Masyarakat Hidup Sehat".

Sebelumnya kegiatan BKIPM Peduli Sosial telah dilaksanakan di Kabupaten Purworejo, Kota Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo.

Ia menyampaikan guna mengurangi potensi tertular COVID-19, penting bagi masyarakat untuk tetap dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi, antara lain jenis bahan pangan bergizi dan ikan merupakan salah satu bahan makanan dengan kandungan gizi yang sangat baik. 

Baca juga: BKIPM didorong percepat ekspor perikanan melalui jalur udara
Baca juga: Nilai ekspor perikanan Jateng 2020 capai Rp2,78 triliun

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024