Temanggung (ANTARA) - Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Yogyakarta berikan bantuan 600 paket makanan olahan ikan untuk warga Temanggung dan Wonosobo, Jawa Tengah, sebagai upaya meningkatkan konsumsi ikan.

"BKIPM kembali menggelar kegiatan Bulan Mutu Karantina-BKIPM Peduli Sosial pada tahun 2021 ini dengan membagikan lebih dari 600 paket makanan atau setara 1.206 kilogram ikan segar," kata Kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM Widodo Sumiyanto di Temanggung, Kamis.

Ia menyampaikan hal tersebut usai menyerahkan secara simbolis bantuan paket makanan olahan ikan di Desa Bantir, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung.

Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan kepala Pusat Pengendalian Mutu BKIPM kepada Anggota DPR RI Komisi IV Panggah Susanto, kemudian diteruskan kepada kepala desa serta perwakilan masyarakat Desa Bantir, Kecamatan Candiroto.

"Setelah bulan lalu kami mengadakan kegiatan di Kabupaten Purworejo, bulan ini kegiatan peduli sosial BKIPM dilakukan di Kabupaten Temanggung," katanya.

Ia menuturkan kegiatan peduli sosial ini bertemakan BKIPM-Peduli sosial untuk mendukung pemenuhan protein masyarakat melalui makan makanan olahan ikan, sekaligus mengkampanyekan gemar makan ikan di tengah masyarakat.

Menurut dia dari sisi ekonomi kegiatan ini juga bertujuan membantu masyarakat pelaku sektor budi daya perikanan dan industri pengolahan makanan setempat yang terdampak usahanya oleh pandemi COVID-19.

"Kami bagikan 600 paket aneka olahan produk ikan, yaitu lele berbumbu, nugget tenggiri, sarden, dan pempek," katanya.

Ia menyebutkan bantuan tersebut selain untuk warga Desa Bantir, juga untuk warga Desa Giripurno, Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung dan Desa Krasak, Kecamatan Mojotengah, Kabupaten Wonosobo.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024