Banjarnegara (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjarnegara dan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) menjalin kerja sama bidang pendidikan dan sosialisasi pemilu.

"Kerja sama ini juga meliputi bidang pendidikan dalam hal ini adalah program magang mahasiswa FISIP Unsoed," kata Anggota KPU Kabupaten Banjarnegara Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Mohamad Syarif Sapto Wiyogo di Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat.

Dia menjelaskan mahasiswa yang magang akan dikenalkan berbagai hal di kantor KPU Banjarnegara.

Baca juga: KPU Banjarnegara gencar sosialisasikan pemilu ke pemilih pemula

"Antara lain kelembagaan KPU di tingkat kabupaten, tugas-tugas KPU dan juga diajak mengikuti dan menyiapkan berbagai kegiatan," katanya.

Beberapa kegiatan yang dapat diikuti para mahasiswa antara lain digitalisasi data pemilu, perencanaan kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih, selain itu juga akan mengikuti kegiatan pendidikan pemilih baik secara tatap muka maupun lewat media massa dan media sosial.

"Mereka juga akan kami libatkan dalam pembuatan media sosialisasi dan pendidikan pemilih dalam bentuk video pendek yang diunggah di media sosial resmi KPU Banjarnegara maupun akun mereka," katanya.

Dia menambahkan, selain dalam bentuk magang mahasiswa, ruang lingkup kerja sama juga meliputi bidang penelitian, sosialisasi dan pendidikan pemilih serta SDM.

Penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut, kata dia, telah dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Bambang Puji Prasetya dan Dekan Fisip
Unsoed Dr Jarot Santoso pada Kamis (22/04) yang lalu.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Banjarnegara, Bambang Puji Prasetya mengatakan pihaknya sangat terbuka untuk bekerja sama memajukan dunia pendidikan.

"Saat ini sudah ada tiga orang mahasiswa yang magang di kantor KPU Kabupaten Banjarnegara. Selain itu juga ada siswa dari SMK," katanya.

Sementara itu, Dekan Fisip Unsoed Dr Jarot Santoso mengatakan bahwa perjanjian kerja sama tersebut terkait dengan magang mahasiswa dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Terkait hal tersebut, pihaknya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada KPU Kabupaten Banjarnegara.

Baca juga: Tingkatkan partisipasi pemilih, KPU Purbalingga wacanakan program pendidikan pemilih
Baca juga: Tingkatkan partisipasi pemilih, KPU dan Diskominfo Batang lakukan edukasi politik masyarakat


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024