Purbalingga (ANTARA) - Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Kami ingin kembali mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Kamis.

Dia menambahkan, meskipun pada saat ini program vaksinasi COVID-19 sudah berjalan namun penerapan protokol kesehatan masih menjadi suatu keharusan.

Dia mengatakan bahwa masyarakat harus tetap memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

Pihaknya berharap dengan adanya disiplin yang tinggi menerapkan 5M di tengah masyarakat maka upaya mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah ini akan berjalan efektif.

"Pemerintah Kabupaten Purbalingga terus mengingatkan kepada masyarakat bahwa pada saat ini masih pandemi COVID-19 sehingga harus menjalankan dan saling mengingatkan protokol kesehatan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan pada saat ini pihaknya masih terus berupaya meningkatkan cakupan vaksinasi untuk mencapai target kekebalan komunal di wilayah ini.

"Sejauh ini program vaksinasi COVID-19 di wilayah Purbalingga berjalan lancar, kendati demikian kami mengingatkan masyarakat yang sudah menerima dalam vaksin dosis lengkap untuk tetap mematuhi protokol kesehatan," katanya.

Dia menambahkan bahwa menurut data terbaru jumlah total kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sebanyak 5.422. Dari 5.422 tersebut 5.076 di antaranya telah dinyatakan sembuh, 239 meninggal dunia, 74 orang melakukan isolasi mandiri dan 33 orang lainnya masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Dia mengatakan pihaknya terus melakukan pendataan secara berkala guna mendapat gambaran mengenai perkembangan penanganan COVID-19.

"Perkembangan terkini kasus COVID-19 di wilayah Purbalingga terus kami perbaharui secara berkala," katanya.
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024