Magelang (ANTARA) - Bupati Magelang Zaenal Arifin berharap para aparatur sipil negara (ASN) yang memasuki purna tugas tetap menjadi contoh masyarakat dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19 dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan.

"Para PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang memasuki masa pensiun ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat untuk memutus mata rantai COVID-19 di Kabupaten Magelang dengan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," katanya di Magelang, Senin.

Ia menyampaikan hal tersebut usai menyerahkan 94 surat keputusan (SK) pensiun kepada para ASN yang telah memasuki masa purna tugas di Pendopo Soepardi, kompleks Setda Kabupaten Magelang.

Ia meminta para ASN yang memasuki masa purna tugas senantiasa menjaga kesehatan dan rajin berolahraga untuk menambah imun tubuh di masa pandemi COVID-19.

"Saya berharap bagi para PNS yang akan pensiun ini supaya tetap sehat. Paling tidak rajin berolahraga di rumah supaya badan tetap sehat. Sehat itu murah untuk dilakukan, jangan sampai menunggu sakit maka nanti akan menjadi mahal," katanya.

Ia menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada para ASN yang telah memasuki masa purna tugas dan telah berkontribusi dalam mengabdikan dirinya untuk melayani masyarakat.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Magelang saya menyampaikan ucapan selamat memasuki masa purna tugas dan memberikan apresiasi penghargaan atas dedikasi, loyalitas, kinerja serta pengabdian yang telah diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Magelang dan kepada masyarakat," katanya.

Para ASN yang menerima SK pensiun di lingkungan Pemkab Magelang wajib memberikan sedekah jariyah berupa bibit tanaman atau buku agar memiliki nilai manfaat yang tidak pernah terputus bagi masyarakat.

"Saya membuat kebijakan sedekah jariyah ini bagi para PNS yang pensiun untuk bisa memberikan bibit tanaman atau buku, tujuannya agar nilai manfaatnya tidak terputus. Tentunya dulu saya meminta bibit tanaman yang memiliki nilai manfaat konservasi seperti bibit beringin, gayam dan yang lainnya. Supaya saat ditanam pada dataran tinggi nantinya bisa menghasilkan mata air yang bisa mengairi masyarakat yang ada di bawahnya," katanya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Magelang Eko Tavip menyampaikan penyerahan SK pensiun ini bertujuan memberikan penghargaan terhadap jasa dan pengabdian ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Magelang yang telah purna tugas.

"Selain itu untuk mempererat hubungan silaturahmi antara Pemerintah Kabupaten Magelang dengan para PNS yang memasuki masa purna tugas. Kemudian untuk memberikan wawasan terkait pelayanan klaim otomatis pengurusan pensiun," katanya.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024