Cilacap (ANTARA) - Pertamina Refinery Unit IV Cilacap membagikan 525 paket sajian buka puasa bersama bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP) di Pulau Nusakambangan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, khususnya Lembaga Pemasyarakatan Kembang Kuning.

Ratusan paket sajian buka puasa bersama tersebut dilakukan oleh Area Manager Communication, Relations, and CSR Pertamina RU IV Cilacap Hatim Ilwan kepada Kepala Subseksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Bimaswat) Lapas Kembang Kuning Sutrisno di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Minggu (25/4) sore.

Hatim mengatakan pembagian paket sajian buka bersama tersebut merupakan wujud kepedulian kepada sesama di bulan Ramadhan yang penuh berkah. 

"Warga binaan di Lapas Kembang Kuning Nusakambangan juga merupakan bagian dari masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian. Meskipun hanya dalam bentuk menu buka puasa, semoga menjadi bentuk silaturrahmi kami yang memberi manfaat dan berkah," katanya.

Ia mengatakan selama ini telah terjalin kolaborasi dan kerja sama yang baik antara Pertamina dan lapas-lapas di Nusakambangan termasuk di dalamnya Lapas Kembang Kuning.

"Tahun lalu, kami juga memberikan bantuan pembangunan toilet di Masjid Al-Ikhlas komplek Lapas. Semoga kerja sama ini berkelanjutan," katanya.

Baca juga: Peringati Hari Kartini, Pertiwi RU IV Cilacap bagikan masker dan santapan berbuka

Sementara itu, Kasubsi Bimaswat Lapas Kembang Kuning Sutrisno menyampaikan apresiasi tinggi kepada Pertamina atas bantuan yang diberikan dalam bentuk paket sajian buka puasa bersama tersebut.

"Mewakili pimpinan Lapas Kembang Kuning, kami sampaikan terima kasih setulus-tulusnya atas bantuan sajian buka puasa ini. Selanjutnya akan kami bagikan kepada seluruh warga binaan dan para petugas," katanya.

Ia mengatakan berbagai kegiatan amaliyah Ramadhan rutin diselenggarakan di internal Lapas Kembang Kuning, antara lain tadarus Al Quran yang digelar setiap hari hingga menjelang shalat Zuhur, pengajian dengan menyaksikan layar virtual, dan amaliah lainnya sebagai bagian dari pembinaan rohani warga binaan.

Ratusan paket sajian buka puasa tersebut selanjutnya diangkut menggunakan kapal compeng dari Dermaga Wijayapura menuju Dermaga Sodong di Pulau Nusakambangan. Sesampainya di Sodong, dilanjutkan perjalanan darat sekitar 20 menit menuju Lapas Kembang Kuning.

Lapas Kembang Kuning merupakan satu dari delapan lapas yang berada di Pulau Nusakambangan. Tujuh lapas lainnya terdiri atas Lapas Terbuka, Narkotika, Batu, Besi, Permisan, Pasir Putih, dan Lapas Karang Anyar. Pulau penjara yang menjadi kewenangan Kementerian Hukum dan HAM RI itu diperuntukkan para napi dengan kasus-kasus berat.

Baca juga: Pertamina Cilacap perkenalkan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan di lingkungan kerja
Baca juga: Pertamina Cilacap gelar program Safari Ramadhan

Pewarta : KSM
Editor : Sumarwoto
Copyright © ANTARA 2024