Batang (ANTARA) - Kepolisian Resor Batang, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Dinas Kesehatan siap melakukan tes cepat kepada para pemudik sebagai upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Kepala Polres Batang AKBP Edwin Louis Sengka di Batang, Sabtu, mengatakan polres akan menyiapkan pos pengamanan (pospam), operasi protokol kesehatan di terminal dan melakukan rekayasa lalu lintas menjelang Lebaran 2021.

"Meski anjuran pemerintah minta pada masyarakat tidak melakukan mudik Lebaran tetapi kami akan tetap melakukan operasi Ketupat 2021, bahkan akan bekerja sama dengan dinkes untuk operasi tes cepat pada pemudik," katanya.

Baca juga: Kemenhub umumkan larangan operasional transportasi pada 6-17 Mei 2021

Ia mengatakan Pemerintah resmi menerbitkan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Idul Fitri 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Covid-19 Selama  Ramadhan.

"Oleh karena, kami siap mendukung aturan pemerintah terkait adanya larangan warga untuk melakukan mudik Lebaran 2021.

Edwin mengimbau pada pemudik lebih baik merayakan Lebaran 2021 di rumah saja sebagai upaya menghindari hal yang tidak diinginkan. 

"Meski hampir seluruh masyarakat sudah divaksin tetapi kami minta protokol kesehatan tetap dipatuhi agar pendemi COVID-19 bisa selesai," katanya.

  Baca juga: Jateng siapkan tempat karantina masyarakat nekat mudik

Pewarta : Kutnadi
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024