Purbalingga, Jateng (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga  Provinsi Jawa Tengah menginformasikan bahwa jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 di wilayah itu yang telah dinyatakan sembuh hingga Senin tercatat sebanyak 4996 orang.

"Menurut data terbaru per tanggal 5 April 2021 pasien yang telah sembuh hingga saat ini mencapai 4.996 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin.

Dia menambahkan menurut data terbaru jumlah total kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sebanyak 5.263. Dari 5.263 tersebut 4.996 di antaranya telah dinyatakan sembuh, 232 meninggal dunia, 23 orang melakukan isolasi mandiri dan 12 orang lainnya masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Hingga hari ini, kata dia, pihaknya masih terus melakukan pendataan secara berkala guna mendapat gambaran mengenai perkembangan penanganan COVID-19 di wilayah ini.

"Setiap satu pekan sekali kami selalu menginformasikan perkembangan terkini kasus COVID-19 di wilayah Purbalingga kepada seluruh masyarakat," katanya.

Dia juga menambahkan bahwa pendataan dilakukan sebagai tolak ukur upaya penanganan yang selama ini telah dilakukan dan juga bagian dari upaya pengendalian COVID-19.

Dia juga mengatakan bahwa pihaknya saat ini menggencarkan sejumlah upaya untuk mempercepat penanganan COVID-19 yakni program 3T dan juga vaksinasi.

"Upaya pengendalian COVID-19 terus dilakukan sambil menjalankan program vaksinasi yang berlangsung dengan lancar hingga saat ini," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga masih terus melakukan upaya 3T yaitu pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing) dan pengobatan (treatment) secara berkesinambungan.

Kendati demikian dia kembali mengingatkan bahwa penerapan program 3T masih perlu didukung dengan penerapan 3M di tengah masyarakat yaitu dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.

"Kami juga kembali mengingatkan bahwa meskipun program vaksinasi saat ini sudah mulai berjalan namun protokol kesehatan masih harus diperkuat, tidak boleh kendur," katanya.

Untuk itu Pemkab Purbalingga kembali mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk ikut berperan aktif dalam program percepatan penanganan COVID-19.

Selain itu, untuk menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, tambah dia, pihaknya juga masih terus melakukan operasi tertib masker di seluruh kecamatan.

"Semoga upaya pengendalian COVID-19 di wilayah ini dapat berjalan sesuai dengan harapan," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024