Magelang, Jateng (ANTARA) - PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) peduli terhadap pendidikan dengan memberikan perhatian pendidikan anak usia dini, karena ini suatu hal yang penting.

"Salah satu perhatian kami dengan memberikan apresiasi kepada guru PAUD yang luar biasa sehingga siswa cerdas secara IQ, emosional dan spiritual," kata Direktur Kepatuhan dan SDM PT Askrindo Kun Wahyu Wardana pada pembukaan "Askrindo PAUD Institute Award 2021" di Magelang, Sabtu

Ia menyampaikan para guru PAUD telah mendedikasikan waktu pikiran dan tenaganya untuk mencerdaskan bangsa.

Baca juga: Dukung Pendidikan Inovatif PAUD Cilacap Selama Pandemi, Pertamina Bantu 32 Laptop

Kun Wahyu menuturkan pihaknya telah bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah sejak 2016, melalui mobil pintar (mobil perpustakaan) untuk memudahkan menjangkau areal pendidikan yang tidak mungkin dijangkau.

"Tidak banyak bupati yang konsen terhadap literasi untuk pendidikan. Sampai tahun ini sebanyak 20 mobil pintar dari Sabang sampai Merauke salah satunya di Kabupaten Magelang," katanya.

Bunda PAUD Kabupaten Magelang Christanti Zaenal Arifin mengatakan kegiatan Askrindo PAUD Institute Award 2021 dapat menambah semangat dan motivasi pendidik PAUD di seluruh Indonesia.

"Askrindo PAUD Institute Award yang dilaksanakan secara virtual se-Indonesia, dengan tujuh kategori penghargaan ini akan menambah semangat dan motivasi guru atau pendidik PAUD," katanya.

Tujuh kategori penghargaan yang diberikan pada kegiatan tersebut, yakni guru PAUD kreatif, guru PAUD inovatif, guru PAUD heroik, guru PAUD mencipta lagu, guru PAUD mendongeng, pengelola PAUD inovatif, dan paduan suara guru PAUD.

Ia menyampaikan PAUD tidak hanya diselenggarakan pemerintah saja tetapi juga dukungan dari masyarakat, jadi saling membangun jejaring, berkolaborasi, dan berkontribusi.

"PAUD juga inten di desa, sehingga diperlukan peran bunda PAUD di desa, harapan kami kegiatan ini dapat menambah semangat bunda PAUD di desa khususnya di Kabupaten Magelang agar bisa lebih baik lagi untuk kemajuan PAUD," katanya.

Bupati Magelang Zaenal Arifin menyampaikan terima kasih kepada seluruh bunda PAUD karena kehadiran PAUD maksimalkan usia tumbuh kembang anak.

"Berikan penghargaan pertama kali, sebagai apresiasi bunda PAUD. Perubahan dapat begitu cepat kalau kita tidak mengikuti perubahan maka akan ditinggal. Ke depan pemerintah juga akan bekerja sama dengan aplikasi, tingkatkan perekonomian masyarakat, termasuk mengangkat UMKM," katanya. 

Baca juga: Nadiem: Prioritas vaksin bagi guru jenjang PAUD dan SD
Baca juga: Kemendikbud minta orang tua tetap masukkan anak ke PAUD

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024