Solo (ANTARA) - Satuan Sabhara Kepolisian Resor Kota Surakarta melakukan sterilisasi antisipasi barang-barang yang mencurigakan menjelang ibadah Paskah di Gereja SP Maria Regina Purbowardayan Kecamatan Jebres Solo, Jawa Tengah, Rabu petang.

Tim Sat Sabhara Polresta Surakarta dalam kegiatan sterilisasi gereja dengan menurunkan anjing pelacak (K9) yang mempunyai kemampuan melacak bahan peledak (handak), dan sebagian personelnya menyisir masuk ke dalam ruangan gereja dengan alat metal detektor.

Unit K9 satwa yang mempunyai kemampuan handak melacak di kawasan luar gereja untuk mengantisipasi adanya bahan peledak, sedangkan empat personel Sat Sabhara masuk di dalam gereja menyisir dengan alat metal detektor baik di tempat duduk umat dan area altar.

"Kami selain sterilisasi gereja juga melakukan patroli satu peleton Satuan Sabhara mobile baik dengan roda empat maupun dua untuk mengecek gereja-gereja di Solo," kata Sutoyo.

Menurut dia, kegiatan patroli ditingkatkan yang biasa dilakukan rutin tiga kali sehari, tetapi jelang Paskah ini, dilaksanakan empat hingga lima kali sehari. Hal ini, Solo agar tetap kondusif, aman, dan nyaman.

Kepala Bagian Operasional Polresta Surakarta, Komisaris Polisi I Ketut Sukarda, menambahkan, sterilisasi gereja dilaksanakan SP Maria Regina Jebres Solo saja. Karena , gereja itu, sudah mulai melaksanakan kegiatan ibadah Rabu sore ini.

"Ada 14 gereja di Solo yang akan disterilisasi dari Jibom Brimob Polda Jawa Tengah, pada Kamis (1/4), sekitar pukul 10.00 WIB," katanya.

"Dua gereja ibadahnya secara daring yakni Gereja Coyudan dan Sangkrah, tetapi tetap ditempatkan personelnya. Namun, jumlah tidak sebanyak di gereja- gereja yang ibadahnya tatap muka," katanya. 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024