Klaten (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah mulai mempersiapkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dengan melibatkan sejumlah sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas.

"Dalam waktu dekat kami akan melakukan uji coba belajar tatap muka, mulai tanggal 5 April 2021," kata Asisten I Setda Kabupaten Klaten Ronny Roekmito di Klaten, Kamis.

Ia mengatakan uji coba PTM akan dilakukan di empat sekolah, yaitu SMPN 2 Klaten, SMAN 3 Klaten, SMKN 3 Klaten, dan MAN 1 Klaten. Ia mengatakan untuk uji coba sendiri akan dilakukan dari tanggal 5-16 April 2021.

Baca juga: Guru pelaksana pembelajaran tatap muka di Jateng bakal divaksin

Meski demikian, dikatakannya, dalam waktu dekat ini uji coba belum akan dilakukan untuk tingkat sekolah dasar.

"Namun kami tetap terus melakukan persiapan, salah satunya pemberian vaksinasi kepada para guru. Dalam hal ini, seluruh guru yang akan dilibatkan dalam uji coba wajib mendapatkan vaksinasi," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Klaten Jaka Sawaldi mengatakan skenario khusus juga telah disiapkan untuk pelaksanaan uji coba belajar tatap muka di empat sekolah tersebut.

Ia mengatakan penerapan uji coba belajar tatap muka di empat sekolah tersebut dilakukan berdasarkan penunjukan dari Pemprov Jateng.

"Salah satu prosedurnya adalah termasuk mendapatkan izin dari orang tua siswa," katanya.

Menurut dia, untuk uji coba PTM di sekolah lain akan menunggu evaluasi dari pelaksanaan di empat sekolah tersebut. Dengan demikian, dikatakannya, sekolah-sekolah lain di luar empat sekolah tersebut masih akan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

Baca juga: Sekolah tatap muka di Jateng wajib terapkan prokes ketat
Baca juga: Jateng siapkan uji coba pembelajaran tatap muka di 140 sekolah

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024