Purbalingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah mengajak masyarakat di wilayah itu untuk menyukseskan program vaksinasi guna mempercepat penanganan pandemi COVID-19.

"Kami mengajak masyarakat untuk berperan aktif menyukseskan program vaksinasi COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono di Purbalingga, Minggu.

Dia menjelaskan vaksinasi salah satu program pemerintah untuk menekan penyebaran COVID-19.

"Vaksinasi merupakan salah satu ikhtiar kita dalam menanggulangi pandemi COVID-19," katanya.

Hingga saat ini, pihaknya terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi di wilayah itu.

"Pelaksanaan vaksinasi di Purbalingga hingga saat ini berjalan dengan lancar," katanya.

Baca juga: Ganjar minta pemerintah pusat menambah sentra vaksinasi di Jateng

Dia menyebutkan hingga 18 Maret 2021 ada 18.733 orang di Kabupaten Purbalingga telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama. Dari 18.733 tersebut, 6.847 orang di antaranya telah mendapatkan vaksinasi COVID-19 dengan dosis lengkap.

Berdasarkan data terbaru, jumlah total kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini 5.179 orang, di mana 4.887 orang di antaranya telah dinyatakan sembuh, 222 meninggal dunia, 46 isolasi mandiri, dan 24 masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Satgas COVID-19 Kabupaten Purbalingga hingga saat ini masih melakukan pemutakhiran data secara berkala terkait dengan jumlah pasien COVID-19 di wilayah itu.

Pihaknya juga terus melakukan upaya 3T, yaitu pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing), dan pengobatan (treatment) secara berkesinambungan.

"Upaya 3T hingga hari ini masih terus dilakukan secara intensif sambil terus menjalankan program vaksinasi COVID-19 sesuai jadwal yang ditentukan," katanya.

Dia mengingatkan tentang penerapan program 3T yang masih perlu didukung dengan penerapan 3M di masyarakat, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

"Mari bersama-sama kita disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan guna mencegah COVID-19," katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 untuk tenaga kesehatan di Kudus 105,6 persen
Baca juga: Pelatihan usaha hingga percepatan vaksinasi jadi program prioritas Surakarta
Baca juga: Pentas wayang pelat Komunitas Lima Gunung sosialisasikan vaksinasi COVID-19


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024