Semarang (ANTARA) - Bank Jateng menyerahkan bantuan Corporate Social Responsibilty (CSR) sebesar Rp100.000.000 untuk relokasi 5 rumah di Desa Kedungwinangun Kecamatan Klirong Kabupaten Kebumen yang terdampak akibat tanah longsor akibat hujan deras pada tanggal 25 sampai 27 November 2020.

Bantuan simbolis tersebut diserahkan Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Bank Jateng Ony Suharsono kepada Bupati Kebumen Arif Sugiyanto.

Ony Suharsono menjelaskan bantuan CSR yang diserahkan kepada 5 orang masing-masing Rp20.000.000 tersebut, merupakan komitmen Bank Jateng dalam kepedulian sosial sekaligus wujud kepedulian Bank Jateng kepada masyarakat Kebumen.

Ony juga menyampaikan dukungan Bank Jateng terhadap rencana Bupati Kebumen yang akan membangun pintu gerbang di perbatasan wilayah Kebumen.

Penyerahan bantuan tersebut  berlangsung di sela acara Ngopi Bareng Forkompimda Kabupaten Kebumen bersama Direktur Bank Jateng dan Gowes Bareng Forkompimda Kabupaten Kebumen bersama Direktur Utama Bank Jateng, Kamis (11/3) malam.

Baca juga: Bank Jateng dan Perbarindo Jateng tandatangani PKS Apex BPR

Hadiri dalam kesempatan tersebut, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Sekretaris Daerah Kabupaten Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Asisten 2 Bupati Nugroho Tri Waluyo, Kepala Bappeda Kabupaten Kebumen Pudji Rahaju, Kajari Kebumen Slamet Riyanto, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawiranegara Matondang, Ketua DPRD Kebumen Sarimun, serta sejumlah tokoh masyarakat sesepuh Kebumen dan Pemimpin Cabang Bank Jateng Sekoordinator Magelang.

Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan terima kasih kepada Bank Jateng yang terus berkomitmen menyalurkan bantuan CSR sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat.

Bantuan Bank Jateng tersebut, katanya, menunjukkan betapa besarnya perhatian perbankan pada masyarakat Kabupaten Kebumen, terlebih bagi warga terdampak bencana alam akhir-akhir ini di Kabupaten Kebumen.

Arif juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas bantuan Bank Jateng yang senantiasa terus berkomitmen menyalurkan CSR sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat sekaligus merupakan salah satu upaya penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Kebumen.

Baca juga: Kafe Keroncong Bank Jateng, apresiasi Sang Mastro Gesang

Arif menilai perhatian tersebut merupakan bentuk sinergi yang tepat, memberikan motivasi untuk terus bangkit dan terus berupaya mewujudkan tatanan masyarakat yang lebih baik lagi dan lebih sejahtera.

Sebagai bagian rangkaian kegiatan,  Jumat (12/3) pagi, Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno memimpin Gowes Bersama dimulai dari Kantor Bank Jateng Cabang Kebumen menuju objek wisata Pemandian Air Panas (PAP) Krakal Alian dan finish kembali di Kantor Bank Jateng Cabang Kebumen.

Sebelum berangkat Direktur Utama Bank Jateng menuliskan pesan “Guyub Rukun, Migunani Tumraping Kebumen” di atas prasasti yang nantinya akan diletakan di depan Kantor Bank Jateng Cabang Kebumen.

Direktur Utama Bank Jateng Supriyatno menyampaikan bahwa Gowes bersama tersebut merupakan bagian dari rangkaian HUT ke-58 Bank Jateng yang akan  diperingati pada 6 April 2021.

“Kebumen luar biasa, karena adanya prospek pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLSS) dan kegiatan pantai selatan dengan industri lautnya," katanya.

Baca juga: Bank Jateng- Kodim 0727 Karanganyar jalin kerja sama pengelolaan dana dukungan operasional Babinsa

Supriyatno mengakui semua sektor ekonomi terpukul tak terkecuali UMKM, oleh karena itu Bank Jateng ingin meningkatkan layanan kepada mitra usaha termasuk  UMKM, melayani apa yang mereka butuhkan seperti permodalan, pemasaran, dan pendampingan.

Kebumen, tambahnya, memiliki produk-produk unggulan seperti Jenitiri yang bisa dikembangkan bukan hanya untuk kebetuhan pasar lokal tetapi ekspor dan bisa dikembangkan, sehingga ekonomi Kebumen akan tumbuh dengan baik dan bisa dinikmati bersama dari yang kecil, menengah, hingga besar.

Baca juga: Bank Jateng dan Equity Life Indonesia bayarkan klaim Rp76 juta

Pewarta : KSM
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024