Magelang (ANTARA) - Muchammad Nur Aziz dan M. Mansyur (Aziz-Masnyur) resmi menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang masa jabatan 2021-2026.

Pasangan itu dilantik oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara virtual dari Semarang, bersama pasangan kepala daerah lainnya di 16 kota/kabupaten di provinsi itu, Jumat.

Rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang menyebutkan saat pelantikan yang berlangsung khidmat dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 itu, Aziz-Mansyur berada di Pendopo Pengabdian kompleks rumah jabatan Wali Kota Magelang.

KPU Kota Magelang menetapkan keduanya sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang berdasarkan hasil Pilkada 9 Desember 2020.

Ada acara pelantikan itu, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Tengah Siti Atiqoh Ganjar Pranowo juga melantik Niken Ichtiaty Nur Aziz sebagai Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kota Magelang.

Baca juga: Pemkot Magelang hanya undang 25 orang pada pelatikan wali kota

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya menyatakan seluruh kepala daerah yang baru saja dilantik akan menghadapi tantangan maupun persoalan yang kompleks, antara lain masalah global pandemi COVID-19, persoalan ekonomi, pengentasan kemiskinan, pendidikan, teknologi, pemuda dan pemudi yang harus dioptimalkan, dan persoalan lingkungan yang serius.

"Saya yakin bapak/ibu bekerja keras. Ingat pula ada kelompok yang perlu diperhatikan, yakni kelompok perempuan, difabel dan anak-anak generasi yang harus dipersiapkan dengan baik, " ucap dia.

Ganjar juga menegaskan pentingnya kepala daerah memiliki akun media sosial di era sekarang. Media sosial menjadi sarana untuk mengetahui dan menindaklanjuti  persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat.

"'Dodone awake dewe kudu jembar, ususe kudu dowo'. Kritik dan cacian akan menjadi vitamin segar. Kuncinya terletak pada diri anda, dan aparatur serta dukungan keluarga tercinta. Buat saya, tuan adalah rakyat, jabatan adalah mandat," katanya.  

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Magelang Tri Yamto Sutrisno mengatakan Aziz-Mansyur dijadwalkan bertugas mulai Senin (1/3), diawali dengan apel pagi, dilanjutkan dengan pengarahan kepada seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Magelang.

Setelah itu mereka akan menghadiri sidang paripurna DPRD Kota Magelang dengan agenda menyampaikan pidato perkenalan. 

Baca juga: Wali Kota Magelang harapkan pilkada demokratis
Baca juga: Wali Kota: Saya tidak pelit tempatkan pejabat
 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024