Magelang (ANTARA) - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjuk Sekretaris Daerah Kota Magelang Joko Budiyono sebagai Pelaksana Harian Wali Kota Magelang sampai dilantik pejabat definitif.

"Tugas pokok pelaksana harian wali kota adalah melaksanakan tugas rutin yang dijalankan oleh wali kota dan yang harus menjadi fokus kita semua adalah penanganan pandemi COVID-19," kata Joko usai serah terima jabatan wali kota setempat di Pendopo Pengabdian Kompleks Rumah Dinas Wali Kota Magelang, Rabu.

Penunjukan tersebut tertuang dalam SK Gubernur Jateng Nomor 131/0002748 Tahun 2021 tentang Penunjukan Pelaksana Harian Bupati dan Wali Kota di Provinsi Jawa Tengah tertanggal 16 Februari 2021.

Rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkot Magelang menyebutkan bahwa Joko akan fokus terhadap penanganan pandemi COVID-19 di daerah setempat selama memangku jabatan tersebut.

Ia menargetkan selama 10 hari menjabat pelaksana harian wali kota, terutama selama masa PPKM, skor indikator epidemiologi di Kota Magelang harus kembali ke zona hijau agar roda perekonomian masyarakat kembali normal.

Terkait dengan tugas ini, pihaknya ingin semua unsur mulai Polri, TNI, hingga masyarakat terlibat dalam penanganan COVID-19 di wilayah itu.

"Pelaksanaan masa PPKM di Kota Magelang ini harus benar-benar dipahami oleh seluruh pihak, terutama jajaran Pemkot Magelang dan terutama lagi jajaran lurah se-Kota Magelang. Kita ingin penanganan COVID-19 ini bisa masif lagi, dan target saya selama 10 hari saya menjabat pelaksana harian wali kota, Kota Magelang bisa menjadi zona hijau kembali. Kalau itu bisa terwujud, maka luar biasa," ujarnya.

Selain itu, ada beberapa tugas yang penting dan prioritas dikerjakan, antara lain persiapan pelantikan wali kota dan wakil wali kota terpilih, serta penyusunan RPJMD dan RKPD Tahun 2022.

"Nah itu konsentrasi kami saat ini, supaya masa transisi ini biar lancar," katanya.

Wali Kota Magelang periode 2010-2015 dan 2016-2021 Sigit Widyonindito optimistis selama masa transisi, Joko Budiyono yang selama ini mendampinginya menjadi sekretaris daerah akan menjalankan tugas dengan baik.

"Pak Sekda, Pak Joko ini sudah tahu yang harus dilakukan. Beliau ini kan 'basic'-nya birokrat, selain itu juga memiliki etos kerja bagus, cepat, dan tegas," katanya.

Sigit memberikan semangat dan dukungan penuh kepada Joko Budiyono, terutama terkait penanganan COVID-19 di Kota Magelang.

 

Pewarta : Hari
Editor : Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024